Mengenal Ragam Identitas Seksual, LGBTQ Disebut Tidak Legal?

Jum'at, 31 Maret 2023 - 16:00 WIB
loading...
Mengenal Ragam Identitas Seksual, LGBTQ Disebut Tidak Legal?
Podcast Ustaz Zacky Mirza membahas soal LGBTQ dari Sudut Pandang Islam. Foto/Roov
A A A
JAKARTA - Istilah LGBT mungkin sudah tidak asing didengar oleh masyarakat. Frasa LGBT mulai dikenal pada tahun 1990-an. Frasa ini dibuat untuk menyampaikan keanekaragaman identitas seksual berdasarkan budaya seksual dan gender. Pada zaman sekarang, LGBT merupakan kasus atau hal yang kini marak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Tidak seperti kelamin biologis bawaan lahir yang hanya ada perempuan dan laki-laki, identitas seksual kini berbagai macam jenisnya. Selain identitas seksual, ada juga identitas gender dan berbagai macam ketertarikan seksual lainnya. Tapi, apakah LGBTQ sudah dianggap legal? Mari kita kupas dari pengertiannya .

LGBTQ+ adalah singkatan dari lesbian, gay, biseksual, transgender, queer, dan lain-lain. Tanda "plus" mewakili identitas seksual lainnya termasuk panseksual dan Two-Spirit. Lesbian (L) adalah istilah bagi perempuan yang mengarahkan orientasi seksualnya kepada sesama perempuan.

Baca Juga : Selain Menghibur, Ini 3 Keuntungan Menonton Stand Up Comedy!

Gay (G) ialah laki-laki yang menyukai dan memiliki ketertarikan seksual sesama laki laki. Biseksual (B) istilah ini menunjukkan ketertarikan pada semua jenis kelamin. Transgender (T) adalah sebutan yang digunakan untuk menunjukkan identitas seksual, maupun gender yang berbeda dari seksualitas lahirnya misalnya, melakukan operasi kelamin.

Queer or Questioning (Q) Queer adalah istilah umum yang digunakan untuk orang-orang yang termasuk dalam komunitas minoritas seksual sedangkan Questioning sendiri dikategorikan sebagai orang yang masih melakukan pencarian terhadap jati dirinya. terakhir Plus (+) adalah istilah yang digunakan untuk mencakup semua identitas gender dan orientasi seksual yang tidak tercakup dalam kelima istilah di atas, seperti Two-Spirit dan pan-indigenous American.

Membahas tentang status kelegalan identitas seksual LGBT di Indonesia tentu menuai pro dan kontra. Banyak hal menyimpang dari sisi agama, kodrat, dan kesusilaan. Manusia hidup berpasangan untuk berkembang biak atau menciptakan keturunan. Hal Itu tentu sangat bertentangan dengan orang-orang LGBT yang menyukai sesama jenis.

Keinginannya tidak dapat diselaraskan dengan prinsip-prinsip dasar kehidupan, sehingga mengakibatkan gangguan fungsi sosial. Perilaku ini jelas menghilangkan satu-satunya nilai kemanusiaan dalam perilaku seksual yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Jadi gimana? Menurut kamu LGBT legal atau illegal?



Live podcast Ustadz Zacky Mirza hadir untuk membahas tema-tema seputar islam yang akan menemani kalian setiap hari jumat selama bulan Ramadhan buat nemenin ngabuburit kamu!

Di episode perdana ini Ustadz Zacky akan menjawab pertanyaan tentang, apakah kaum LGBTQ masih harus menjalankan ibadah sholat? Nah, Untuk menjawab pertanyaan tersebut,kamu harus banget dengerin podcast ini! Kamu bisa dengerin selengkapnya di Live Podcast Ustadz Zacky Mirza Eps.1 Apakah LGBTQ Masih Harus Sholat? hanya di RCTI+. Jumat, 31 Maret 2023 Jam 17.00 WIB. Download RCTI+ di App Store dan Google Play Store sekarang juga!
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)