Once Minta Penyanyi Indonesia Belajar dari Masalahnya dengan Ahmad Dhani, Buat Kesepakatan soal Lagu

Sabtu, 01 April 2023 - 13:00 WIB
loading...
Once Minta Penyanyi Indonesia Belajar dari Masalahnya dengan Ahmad Dhani, Buat Kesepakatan soal Lagu
Once Mekel minta penyanyi Indonesia belajar dari masalahnya dengan Ahmad Dhani. Menurut Once, penyanyi penting untuk membuat kesepakatan soal lagu. Foto/Instagram Once
A A A
JAKARTA - Once Mekel minta penyanyi Indonesia belajar dari masalahnya dengan Ahmad Dhani . Menurut Once, sebagai penyanyi penting untuk membuat kesepakatan soal lagu dengan pencipta.

Once bahkan menyebut bahwa penyanyi harus berhati-hati oleh pencipta lagu. Ini menjadi salah satu konsekuensi seseorang yang berprofesi sebagai penyanyi.

"Mungkin konsekuensinya para penyanyi harus hati-hati oleh sang pencipta," kata Once di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Penyanyi 52 tahun ini juga menyarankan penyanyi untuk membuat kesepakatan non formil kepada pencipta atau pemegang hak cipta. Ini bertujuan mendapat izin membawakan lagu yang direkam dalam berbagai panggung.



"Lo mesti bikin perjanjian atau kesepakatan dasarlah ke pencipta supaya lo dapat hak untuk membawakannya. Ya biar sama-sama ngerti," jelas Once.

Di sisi lain, Once menilai hubungan antara penyanyi dan pencipta lagu sangat berkaitan dalam mengasilkan sebuah karya.

"Ketika pencipta ngasih lagu ke penyanyi, harusnya itu sudah bisa diketahui bahwa lagu itu akan dibawakan oleh penyanyi," ujar Once.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ahmad Dhani mengumukan melarang Once menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Alasannya, grup band itu akan menggelar konser setelah Lebaran hingga Desember.



"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik ya, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Menurut Dirjen HAKI itu adalah sebuah hak dari pencipta," ungkap Dhani baru-baru ini.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1679 seconds (0.1#10.140)