alexametrics

5 Cara Mencegah Anda Terkena Demam dan Flu di Musim Hujan

loading...
5 Cara Mencegah Anda Terkena Demam dan Flu di Musim Hujan
Semoga tips ini bermanfaat buat Anda ya. (tasteforlife.com)
A+ A-
JAKARTA - Musim hujan telah datang. Untuk itu, pastikan Anda menjaga kesehatan. Pasalnya, demam dan flu menjadi salah satu penyakit yang mudah menyerang di musim hujan. Tentunya, hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda.

Bahkan, orang yang rajin mencuci tangan juga berisiko terserang penyakit tersebut. Berikut ini ada sejumlah cara untuk mencegah Anda terserang demam dan flu yang dilansir dari Huffington Post.

1. Minum teh hangat



"Uap dari teh dapat menstimulasi cilia, yaitu bulu-bulu yang terdapat di dalam hidung. Anggaplah cilia sebagai alat penyaring udara bagi hidung Anda, menjaga bulu-bulu tersebut tetap sehat dan banyak untuk mencegah kuman yang bisa membuat Anda sakit," papar Spesialis Komunikasi untuk Aidance Skincare, Jenna Gagnon.

2. Berjemur di bawah matahari

Dokter chiropratic, Dr Scott M Schreiber mengungkapkan, vitamin D memiliki manfaat bagi daya tahan tubuh. Seperti diketahui, vitamin D banyak terkandung dari terpaan sinar matahari pagi.

"Vitamin D dapat meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh. Sementara kekurangan vitamin D dihubungkan dengan timbulnya penyakit auto-imun," jelas Scott.

3. Tidak takut kotor

"Kita sering kali takut untuk menjadi kotor, sementara faktanya, yang ditunjukkan oleh beberapa penelitian, sangat luar biasa bermanfaat. Percaya atau tidak, kata dia, berlumuran lumpur tidak buruk bagi Anda," ujar Scott.

4. Cukup asupan cairan

"Pada udara yang lebih dingin, metabolisme tubuh meningkat dan Anda cenderung menghirup kelembaban lebih banyak dari biasanya, dan adalah penting untuk mengembalikan cairan tubuh Anda," kata Dr Blass.

Menurutnya, kekurangan cairan pada musim dingin membuat kering selaput lendir, melemahkan pertahanan pertama tubuh, yang akhirnya membuat tubuh lebih mudah terkena penyakit.

5. Jaga kehangatan tubuh

"Berpakaian sesuai dengan keadaan musim selalu menjadi pemikiran yang baik. Adalah baik bagi kesehatan agar menjaga tubuh tetap hangat dalam udara dingin," tandas Dr Blass.

Udara dingin membuat stres sistem kekebalan tubuh. Ketika kekebalan tubuh melemah, Anda lebih rentan terhadap virus. Blass pun menganjurkan agar tidak menyeka hidung. Pasalnya, hal tersebut bisa berisiko terpapar penyakit-penyakit tersebut.
(neg)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak