Gandeng Aksan Sjuman, The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Antologi Musik Indonesia

Senin, 03 April 2023 - 16:54 WIB
loading...
Gandeng Aksan Sjuman, The Apurva Kempinski Bali Luncurkan Program Antologi Musik Indonesia
Aksan Sjuman dalam peluncuran program Antologi Musik Indonesia di The Apurva Kempinski Bali belum lama ini. Foto/Dok The Apurva Kempinski
A A A
DENPASAR - The Apurva Kempinski Bali bersama musisi Aksan Sjuman meluncurkan program bertajuk Antologi Musik Indonesia. Program ini adalah cerminan dari buku musik dengan judul serupa, yang berisi sejarah dan arsip musik serta beberapa lagu ternama Tanah Air di era terdahulu.

Dengan adanya program ini, tamu yang berkunjung ke The Apurva Kempinski bakal merasakan pengalaman menyaksikan pertunjukan musik nan istimewa di area lobi setiap Sabtu pukul 16.00-18.00 WITA. Lagu-lagu yang terdapat dalam kitab musik tadi bakal dibawakan oleh Truedy, musisi yang telah secara rutin tampil di resor bintang lima tersebut.

Di bawah payung Dewan Kesenian Jakarta, Antologi Musik Indonesia mempersatukan para musisi berpengaruh yaitu Aksan Sjuman, Anto Hoed, Anusirwan, Otto Sidharta, Aisyah Sudiarso Pletscher, Anursiwan, dan Budi Utomo Prabowo untuk mengklasifikasikan perkembangan musik di Indonesia serta merangkumnya menjadi sebuah karya agung kumpulan musik Indonesia bersejarah.

Para profil ternama tersebut menyusun dua seri buku. Seri pertama berjudul Antologi Musik Klasik Indonesia: Vokal dan Piano Seriosa yang disusun pada 2013, lalu seri ke-2 yakni Antologi Musik Indonesia: Musik Jazz dan Musik Populer yang dikurasi pada 2017.

Kedua kitab musik itu memberikan narasi serta perspektif yang cukup lengkap tentang musik Indonesia dan diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dalam perkembangan musik di Tanah Air.

Acara peluncuran karya buku musik ini berlangsung pada 29 Maret lalu di L'Atelier by Cyril Kongo, bar ikonik di resor The Apurva Kempinski Bali. Hadir dalam acara tersebut Aksan Sjuman dan Mery Kasiman yang mempertontonkan kebolehan mereka, juga pengamat musik Adib Hidayat yang hadir dalam sesi talkshow.

"Saya telah menunggu momen ini. Karya ini merupakan wujud nyata usaha kami, para seniman yang tergabung dalam wadah Dewan Kesenian Jakarta, untuk melestarikan kesenian Indonesia, khususnya di bidang musik,” kata Aksan Sjuman.

Sementara itu, General Manager The Apurva Kempinski Vincent Guironnet menyambut hangat kerja sama antara pihaknya dengan Aksan Sjuman dan kawan-kawan.

"Ini adalah program yang sangat istimewa dan kami sangat bersyukur dapat berkolaborasi dengan seniman hebat Aksan Sjuman. Musik menggambarkan keanekaragaman budaya negara ini dan melalui kampanye Powerful Indonesia 2023, kami dapat merayakan dan memperingati peran penting dari musik Indonesia,” pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0800 seconds (0.1#10.140)