7 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Lebaran, Begini Cara Menjawabnya

Selasa, 04 April 2023 - 05:28 WIB
loading...
7 Pertanyaan yang Sering Muncul saat Lebaran, Begini Cara Menjawabnya
Terdapat sejumlah pertanyaan yang sering muncul saat Lebaran. / Foto: ilustrasi/The Scotsman
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah pertanyaan yang sering muncul saat Lebaran . Meski sekadar basa-basi saja, namun terkadang pertanyaan yang dilontarkan kerap menyinggung ke hal pribadi, sehingga bikin malas menjawabnya.

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan momen berkumpul dan silaturahmi bersama keluarga besar. Umumnya, masing-masing anggota keluarga akan saling berinteraksi dengan bertukar cerita atau sebatas bertanya kabar saja.

Tak jarang kerap muncul pertanyaan tambahan yang bisa membuat tidak nyaman atau bahkan terganggu. Berikut 7 pertanyaan yang sering muncul saat lebaran, lengkap dengan menghadapinya dengan santai.



Daftar Pertanyaan yang Sering Muncul saat Lebaran


1. Kerja di Mana Sekarang?


Sejatinya, pertanyaan terkait pekerjaan ini kerap membuat seseorang galau. Terlebih jika orang tersebut berada di momen belum memiliki pekerjaan alias masih mencari kerja.

Tak perlu khawatir, jika merasa terganggu cobalah tetap memberikan jawaban yang jujur, namun dengan positif. Sebagai contoh, Anda bisa menjawabnya dengan, "Sedang mencari pekerjaan yang sesuai passion saya" atau "Masih mengasah kemampuan agar nantinya bisa bekerja dengan optimal."

2. Pulang Kapan?


Biasanya, pertanyaan ini ditujukan untuk anggota keluarga yang merantau atau baru mudik. Anda hanya perlu menjawabnya sesuai kondisi sebenarnya, misal baru sampai kemarin atau lusa, dan sebagainya.

Untuk lebih mengakrabkan pembicaraan lagi, Anda juga bisa sedikit menceritakan pengalaman mudik yang dilewati. Bisa seperti terkena macet, salah jalan, dan lainnya.

3. Kapan Lulus Kuliah?


Kali ini pertanyaan yang biasa muncul untuk mahasiswa semester akhir. Hal demikian sebenarnya mungkin terasa tak nyaman apabila ditanyakan, namun tak masalah, Anda hanya perlu menjawabnya dengan positif.

Sebagai jawaban, bisa seperti, "Saat ini skripsi saya sudah berada di tahap akhir dan menunggu persetujuan dosen pembimbing". Selain itu, Anda juga bisa menganggap pertanyaan tersebut sebagai doa agar nantinya bisa cepat lulus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)