alexametrics

Membentak Anak Merusak Hubungan dengan Orang Tua

loading...
Membentak Anak Merusak Hubungan dengan Orang Tua
Membentak anak agar disiplin bukanlah tindakan yang tepat karena malah akan merusak hubungan. (eye on psych)
A+ A-
JAKARTA - Agar anak disiplin, orang tua bisa menanamkan kedisiplinan sejak dini. Usia tiga tahun, merupakan waktu yang tepat untuk menerapkan hal tersebut. Pasalnya, usia tiga tahun psikologi anak mulai berkembang.

Sayang, terkadang anak kerap membantah. Dengan demikian, tak jarang orang tua yang membentak agar anak menjadi patuh. Menurut psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo, membentak anak bukanlah tindakan yang tepat.

Membentak dinilai tidak bisa membuat anak menjadi disiplin. Melainkan bisa merusak hubungan. "Anak dengan orang tua nanti hubungannya malah jadi kaya pelanggar dengan polisi. Kalau ada ikuti tertib tapi kalau enggak ada ya enggak apa-apa jalan terus," papar Vera di AEON Mal, Rabu (25/11/2015).

Dijelaskan Vera, cara yang tepat ketika anak membantah adalah dengan memberikan konsekuensi. Seperti ketika anak rewel dalam suatu acara, ibu bisa memberitahu anak bahwa bila rewel akan pulang dari tempat tersebut.

"Kalau dilanggar sama anak, ya benar jalankan konsekuensinya jangan setengah-setengah. Kalau enggak dilakukan benar nanti anak malah jadi terbiasa, makanya pilih konsekuensi yang kira-kira bisa dijalankan," tutup Vera.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak