Ini Aturan Memberikan Hadiah ke Anak Agar Semangat Puasa sampai Akhir

Rabu, 05 April 2023 - 18:26 WIB
loading...
Ini Aturan Memberikan Hadiah ke Anak Agar Semangat Puasa sampai Akhir
Memberikan hadiah kepada anak agar semangat berpuasa di bulan Ramadan kerap dilakukan orang tua. Hadiah yang diberikan kepada si kecil pun beragam. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Memberikan hadiah kepada anak agar semangat berpuasa di bulan Ramadan kerap dilakukan oleh banyak orang tua. Hadiah yang diberikan kepada si kecil pun terbilang sangat beragam.

Mulai dari mainan, pakaian hingga liburan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua sebelum memberikan hadiah ke anak agar semangat menjalankan puasa selama satu bulan penuh.

Pada dasarnya memberikan hadiah ke anak dibolehkan. Dokter spesialis anak, Dr. dr. Meta Herdiana Hanindita, Sp.A(K) mengatakan memberikan hadiah kepada anak boleh dilakukan dengan syarat tidak ada paksaan untuk puasa.

“Boleh diberikan reward, misalkan puasanya full sampe target selama itu tidak dipaksa tidak masalah," kata Dr. Meta baru-baru ini.



Hal yang terpenting sebelum memberikan hadiah adalah anak harus mengerti soal hakikat puasa. Sehingga orang tua perlu menjelaskan terkait alasan mengapa mereka harus menjalankan puasa di bulan Ramadan.

“Kalau kita menjelaskan hal tersebut ke anak yang usia 2 atau 3 tahun, kayaknya masih belum ngerti-ngerti amat nih. Mungkin akhirnya ikut-ikutan aja,” jelas Dr. Meta.

“Karena harus disesuaikan juga dengan kemampuan anak,” sambungnya.

Di sisi lain, puasa tidak hanya memberikan manfaat untuk usia dewasa. Menurut Dr. Meta, manfaat puasa juga bisa dirasakan oleh anak, yang mana akan membuat mereka menjadi lebih disiplin.



“Puasa juga baik untuk kesehatan dan melatih kedisiplinan anak,” tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)