Jajal Wisata Arung Jeram di Selamanik Ciamis, Sandiaga: Ini Desa Wisata Berkelas Dunia!

Jum'at, 07 April 2023 - 09:50 WIB
loading...
Jajal Wisata Arung Jeram di Selamanik Ciamis, Sandiaga: Ini Desa Wisata Berkelas Dunia!
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjajal wisata arung jeram. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjajal wisata arung jeram (rafting) sebagai penanda terbukanya potensi unggulan terbaru yang ada di Desa Wisata Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Desa yang masuk dalam 75 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 ini memiliki potensi wisata arung jeram di aliran Sungai Cimuntur dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Masyarakat pun antusias melihat dan menyapa Menparekraf Sandiaga. Tidak sedikit yang mengabadikan momen tersebut dengan gawai masing-masing. Dengan senyum hangat, Menparekraf balik menyapa masyarakat.

"Saya, alhamdulillah, merasakan langsung keindahan dari desa ini. Dan ternyata Sungai Cimuntur ini mempunyai banyak daya tarik. Oleh karena itu, saya nyatakan Desa Wisata Selamanik sebagai desa wisata terbaik berkelas dunia," kata Menparekraf Sandiaga, usai menjajal arung jeram, Kamis (6/4/2023).

Desa Wisata Selamanik juga dikaruniai tanah yang sangat subur karena letaknya yang berada di daerah kaki Gunung Sawal dan dikelilingi perbukitan. Potensi ini lantas dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk mengembangkan agrowisata sebagai daya tarik wisata lainnya.



Wisatawan bisa langsung berpartisipasi saat panen tiba. Mulai dari memanen bawang merah besar, timun, terong ungu, hingga kacang.

"Yang paling spesial dari Desa Wisata Selamanik adalah kemampuan dari masyarakatnya untuk bertani dalam konsep yang sangat produktif dan dikemas ke dalam paket-paket wisata," ujar Sandiaga.

Yang menjadi perhatian utama Menparekraf berkaitan dengan homestay. Dari 70 homestay yang ada di Desa Wisata Selamanik, baru tiga yang siap digunakan dan ditawarkan kepada wisatawan. Karenanya Menparekraf menugaskan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua untuk bekerja sama dengan PT. Oyo Rooms Indonesia memberikan pendampingan juga agar kelengkapan homestay bisa terisi.

"Ini yang akan kita pasarkan agar lebih memberikan pendapatan dan penghasilan kepada masyarakat," kata Sandiaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)