Bahaya! Inilah Efek Samping Minum Alkohol saat Menstruasi

Jum'at, 07 April 2023 - 13:49 WIB
loading...
Bahaya! Inilah Efek Samping Minum Alkohol saat Menstruasi
Konsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat perempuan lebih rentan merasakan kram saat menstruasi. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Minum minuman beralkohol menjadi salah satu kebiasaan tersendiri. Bahkan di beberapa belahan dunia ini sudah menjadi budaya yang dilakukan masyarakat setempat. Biasanya, minum minuman alkohol dilakukan untuk melakukan perayaan tertentu. Misalnya seperti perayaan ulang tahun, atau ketika merayakan keberhasilan saat mencapai sesuatu.

Namun, meminum minuman keras tidak untuk dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang. Sebab, ini akan menyebabkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Terutama bagi wanita yang sedang menstruasi .

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi yang membuat perempuan lebih rentan merasakan kram saat menstruasi. Selain itu, perempuan dalam siklus menstruasi memiliki beberapa keluhan seperti, berubah-ubah suasana hatinya, merasakan nyeri pada payudara, hingga sakit pinggang yang berlebihan.



Mengonsumsi minuman beralkohol juga dapat membuat jadwal haid tidak teratur, menurunnya tingkat kadar magnesium, yang biasanya berfluktuasi selama sirkulasi menstruasi sehingga menyebabkan penipisan mineral. Minum alkohol dapat menyebabkan dehidrasi sehingga kram pada perut akan berlangsung lebih lama. Oleh sebab itu, sebaiknya perempuan yang sedang menstruasi disarankan untuk menghindari minuman beralkohol.

Untuk mengatasi kebiasaan tersebut, kamu dapat mengonsumsi air mineral secara teratur untuk membantu tubuh tetap terhidrasi, dan menghindari kekeringan yang disebabkan oleh alkohol sehingga lebih mudah bagi ginjal untuk menyaring alkohol darinya.

Live podcast Ustadz Zacky Mirza hadir untuk membahas tema-tema seputar islam yang akan menemani kalian setiap hari Jumat selama bulan Ramadhan buat nemenin ngabuburit kamu! Di Episode kali ini Ustadz Zacky Mirza akan membahas tentang bagaimana sudut pandang islam terhadap orang yang masih suka minuman alkohol.

Minuman keras menurut Islam adalah minuman yang mengandung alkohol dan memabukkan. Selain dapat membuat ibadah seseorang, salah satunya sholat menjadi tidak sah, minuman keras ini juga haram dikonsumsi karena memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Oleh sebab itu Islam melarang umatnya untuk mengkonsumsi minuman keras tersebut.



Nah, Untuk menjawab pertanyaan tersebut,kamu harus banget dengerin podcast ini! Kamu bisa dengerin selengkapnya di Live Podcast Ustadz Zacky Mirza "Alkohol Dalam Sudut Pandang Islam" hanya di RCTI+. Jumat, 7 Maret 2023 Jam 17.00 WIB. Download RCTI+ di App Store dan Google Play Store sekarang juga!
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)