Biasakan Anak Puasa Sejak Dini, Nycta Gina: Kita Nggak Pernah Merintah

Jum'at, 07 April 2023 - 19:01 WIB
loading...
Biasakan Anak Puasa Sejak Dini, Nycta Gina: Kita Nggak Pernah Merintah
Artis Nycta Gina menyatakan bahwa dirinya bersama sang suami, Rizky Kinos dalam mendidik kedua anaknya berpuasa tidaklah terlalu keras, seperti memberi perintah. Melainkan dirinya hanya memberi contoh saja. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Artis Nycta Gina menyatakan bahwa dirinya bersama sang suami, Rizky Kinos dalam mendidik kedua anaknya berpuasa tidaklah terlalu muluk. Menurut Gina, kedua anaknya, Lembar Putih Trinycta serta Panutan Adhya Semesta Trinycta sudah bisa berpuasa seharian penuh di bulan suci Ramadan ini.

Agar dua buah hatinya, Uta dan Uti mulai sadar akan kewajiban umat muslim di bulan Ramadan, Nycta Gina beserta sang suami juga memberikan gambaran seberapa lama waktu menjalankan ibadan puasa.

"Dulu pertama kali ngajarin puasa itu kita gak pernah merintah, kita lebih mencontohkan aja. Kayak sekarang udah masuk bulan Ramadan," kata Nycta Gina saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (7/4/2023).

"Biasanya kalau umat Islam itu puasa dari subuh jam 4 kita sahur terus nanti bukanya jam 6 sore. Jadi itu udah kita kasih teaser ke mereka dari sebelum bulan Ramadan," tambahnya.



Semula, anak-anak Gina tidak langsung berpuasa secara penuh. Mereka terlebih dahulu diajarkan menahan lapar dan haus dalam beberapa jam.

"Awalnya mereka cuman diajak kaya mulai dari sahurnya di jam sarapan, jam 8 pagi, terus kita suruh gak makan dulu sampai 12 dulu, abis itu sampai ashar, sampai akhirnya dari tahun kemarin itu udah diajarkan bangun pagi sahur gitu" lanjut Nycta Gina.

Bersyukur,Gina tidak ada kesulitan sama sekali dalam mendidik anak berpuasa. Baik Uta maupun Uti begitu semangat menyambut momen berpuasa.

"Alhamdulillah mereka tau-tau kooperatif aja dua duanya, padahal aku sama kinos udah komitmen pokoknya kalau mereka gamau kita gak paksa. yang penting mereka tau bahwa kalau sahur ya jam segini, ternyata mereka happy," tuturnya.

Selain berpuasa, ibadah shalat tawarih pun turut dijalankan oleh para buah hati Nycta Gina dan Rizky Kinos. Mereka mencontoh kedua orangtuanya yang memang kerap melaksanakan shalat tarawih.

Hebatnya, meskipun bacaan shalat tarawih di masjid terdekat cukup panjang, putra sulung Gina dan Kinos tetap semangat dan mampu bertahan hingga sesi ibadah selesai.

"Kalau adiknya lebih kompetitif, lihat masnya bisa, Uti juga bisa. Mereka ada kompetisi secara positif padahal gak ada iming-iming apa-apa" jelas Nycta Gina.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)