Ahmad Dhani Izinkan Once Nyanyikan Lagu Cemburu, tapi Liriknya Diubah

Sabtu, 08 April 2023 - 17:35 WIB
loading...
Ahmad Dhani Izinkan Once Nyanyikan Lagu Cemburu, tapi Liriknya Diubah
Ahmad Dhani mengaku mengizinkan Once Mekel menyanyikan lagu Cemburu. Ada syarat yang diberikan pentolan Dewa 19 itu jika Once ingin membawakannya. Foto/Instagram Ahmad Dhani
A A A
JAKARTA - Ahmad Dhani mengaku mengizinkan Once Mekel menyanyikan lagu Cemburu. Meski demikian, ada syarat yang diberikan pentolan Dewa 19 itu jika Once ingin membawakannya di atas panggung.

Sikap Dhani ini menyusul pernyataan Once yang menyebut tetap akan membawakan lagu Dewa 19, Cemburu saat manggung. Sebab, pemilik nama asli Elfonda Mekel itu merasa memiliki andil dalam pembuatan lagu tersebut.

"Ya nggak apa-apa dinyanyikan Once tapi liriknya diubah. Soalnya liriknya punya saya. Aransemen nggak apa-apalah, kan aransemen tidak dilindungi Undang Undang," kata Dhani di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Suami Mulan Jameela itu beralasan Once harus mengubah lirik lagu Cemburu saat tampil di atas panggung karena penyanyi 52 tahun itu sudah keluar dari Dewa 19. Menurut Dhani, ini merupakan konsekuensi Once keluar dari grup band yang digawanginya.



"Kan Once sudah keluar dari Dewa 19 sejak 2010. Jadi ya ketika Once memutuskan untuk keluar dari Dewa pada 2010, ya konsekuensi logisnya dia tidak menyanyikan lagu Dewa 19," jelas Dhani.

Di sisi lain, ayah Al, El dan Dul itu mengaku sedikit lega dengan peraturan baru Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN). Di mana kini event organizer (EO) diwajibkan mendaftarkan lagu jika pengisi acara akan membawakan karya musisi lain.

"Diharapkan EO EO mendapatkan (izin) itu dulu karena harus mendaftarkan lagunya juga. Ketika dapat lisensi baru boleh ya," ujar Dhani.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ahmad Dhani melarang Once Mekel menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Alasannya, grup band yang didirikan di Surabaya, Jawa Timur itu akan menggelar konser setelah Lebaran hingga Desember.



Sebagai musisi sekaligus pencipta lagu Dewa 19, Dhani mengaku tidak ingin konsernya diganggu Once dengan menyanyikan lagu karyanya di acara lain. Mantan suami Maia Estianty ini juga ingin menjaga kemurnian konser.

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik ya, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Menurut Dirjen HAKI itu adalah sebuah hak dari pencipta," ungkap Dhani.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2139 seconds (0.1#10.140)