Pandemi Diprediksi Berakhir Tahun Ini, Kasus Covid-19 Global Alami Penurunan

Kamis, 13 April 2023 - 13:30 WIB
loading...
Pandemi Diprediksi Berakhir Tahun Ini, Kasus Covid-19 Global Alami Penurunan
WHO memprediksi pandemi Covid-19 akan berakhir pada tahun ini. Hal ini menyusul dengan kasus Covid-19 secara global yang terus mengalami penurunan. Foto/dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi pandemi Covid-19 akan berakhir pada tahun ini. Hal ini menyusul dengan kasus Covid-19 secara global yang terus mengalami penurunan.

Rencananya, sejumlah ahli kesehatan dari berbagai negara akan membahas berakhirnya pandemi Covid-19 di Jenewa pada Mei 2023. Kemudian, hasil pertemuan tersebut akan diumumkan di waktu yang sama.

"Kami berharap akhir tahun kita harus melihat akhir dari pandemi. Saat ini kita telah melihat penurunan kasus secara global," kata Perwakilan WHO untuk Indonesia Dr N. Paranietharan di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

"Jadi para ahli di komite akan bertemu di Jenewa dan mereka membuat rekomendasi tentang siapa yang mengagendakan itu. Mudah-mudahan, pada bulan Mei kita sudah memiliki gambaran tentang keputusannya," tambahnya.





Meski WHO nantinya mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir, namun Dr Paranietharan menjelaskan bahwa masyarakat akan tetap hidup berdampingan dengan Covid-19. Ini karena virus SARs-COV-2 tidak akan hilang.

Karena itu, menjaga kesehatan tetap diperlukan. Setiap negara juga diimbau untuk meningkatkan fasilititas kesehatannya. Termasuk soal pengobatan dan vaksin Covid-19.

"Kami memilikinya di hampir semua negara di dunia, dan itu akan kami pastikan untuk mempercepat negara memiliki alat, pengobatan dan vaksin dan semua itu," jelas Dr Paranietharan.

"Virus SARs-COV-2 akan tetap bersama kita, tidak akan hilang. Itulah disebut endemi oleh orang-orang, dan kita akan memastikannya hidup dengan banyak cara," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2818 seconds (0.1#10.140)