Lakukan Perjalanan Mudik, Jangan Lupa Siapkan Beberapa Obat Berikut Ini

Jum'at, 14 April 2023 - 07:08 WIB
loading...
Lakukan Perjalanan Mudik, Jangan Lupa Siapkan Beberapa Obat Berikut Ini
Dalam melakukan perjalan mudik lebaran terdapat satu hal yang sebaiknya jangan sampai terlewatkan, yakni obat-obatan. / Foto: ilustrasi/Popular Science
A A A
JAKARTA - Jelang Hari Raya Idul Fitri 2023, banyak masyarakat yang sudah bersiap untuk melakukan mudik lebaran . Dalam menjalani perjalan mudik terdapat satu hal yang sebaiknya jangan sampai terlewatkan, yakni obat-obatan.

Menurut dokter spesialis darurat medik, dr. Ugi Sugiri, Sp.EM, obat-obatan perlu guna mengantisipasi terjadinya sakit ketika dalam perjalanan.

Dia pun menyarankan sejumlah obat yang perlu dibawa, antara lain obat sakit perut, pusing, mual, dan muntah. Selain itu, dengan kondisi cuaca tidak menentu, perlu juga dipersiapkan obat flu dan batuk.



"Harusnya sih bawa obat yang biasa kita gunakan. Seperti obat sakit perut yaitu diare, terus obat mual dan muntah, terus obat flu dan batuk," terang dr. Ugi dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, 13 April 2023.

"Tapi tergantung ya, ada orang yang bawa semua obat. Selebihnya bawa obat yang sedang diderita, misalnya jantung dan lainnya," lanjut dia.

Sebelumnya, Ketua 3 Pengurus Pusat IDAI, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), juga mengingatkan orang tua agar memperhatikan rasa nyaman dalam perjalanan. Apabila melakukan perjalanan yang cukup panjang, jangan lupa untuk membawa selimut dan pakaian salin untuk anak-anak.



"Kalau perjalanannya panjang dan kemungkinan menggunakan AC, kita harus menyiapkan pakaian untuk suasana dingin seperti jaket, topi dan selimut. Kemudian juga baju yang digunakan harus nyaman menyerap keringat, dan tidak lupa bawa baju ganti," jelas dia dalam media briefing secara daring, beberapa waktu lalu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)