LPDB-KUMKM dan PT Jamkrida Jawa Tengah Perkuat Sinergi Penjaminan Kredit

Jum'at, 14 April 2023 - 14:11 WIB
loading...
LPDB-KUMKM dan PT Jamkrida Jawa Tengah Perkuat Sinergi Penjaminan Kredit
Penandatanganan perjanjian kerja sama oleh Dirut LPDB-KUMKM Supomo dengan Dirut PT Jamkrida Jateng M. Nazir Siregar di Kantor LPDB-KUMKM (Foto: dok BLU UMKM)
A A A
JAKARTA - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Provinsi Jawa Tengah Tentang Penjaminan Pinjaman Kepada Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Adapun, penandatanganan perjanjian kerja sama ini ditandatangani oleh Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo dengan Direktur Utama PT Jamkrida Jawa Tengah M. Nazir Siregar di Kantor LPDB-KUMKM, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Supomo menjelaskan, LPDB-KUMKM sebagai lembaga pembiayaan atau pinjaman yang fokus kepada koperasi telah lama bekerja sama dengan PT Jamkrida Jawa Tengah dalam hal penjaminan pinjaman kredit bagi koperasi mitra LPDB-KUMKM.

Adanya perjanjian kerja sama ini adalah untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antara LPDB-KUMKM dengan PT Jamkrida Jawa Tengah dalam mendukung eksositem bisnis koperasi dan UMKM.

"Perjanjian kerja sama yang baru ini untuk semakin melengkapi dan saling mempererat bisnis, dan kami sudah banyak diskusi bahwa pengembangan bukan hanya stagnan, karena semua kan dinamis, jadi banyak perkembangan, dan ini pembaharuan kerja sama," kata Supomo.

Supomo menambahkan, pola bisnis LPDB-KUMKM dan PT Jamkrida Jawa Tengah saling berkaitan, dan bisa secara bersama-sama saling sinergi memperkuat ekosistem koperasi dan UMKM.

"Ini yang namanya kolaborasi, yang penting kedepannya kolaborasi itu berkembang, dan namanya kerja sama untuk berbisnis itu untuk long term (jangka panjang), bukan untuk short term, jadi tidak untuk sesaat saja," kata Supomo.

Menurut Supomo, dengan adanya kerja sama ini, maka akan semakin memberikan kemudahan bagi koperasi yang ingin mengakses dana bergulir kepada LPDB-KUMKM yang dapat didukung dari penjaminan PT Jamkrida Jawa Tengah.

Kembangkan Ekosistem Koperasi dan UMKM

Sementara itu, Direktur Utama PT Jamkrida Jawa Tengah M. Nazir Siregar mengungkapkan, peningkatan kerja sama ini merupakan momentum untuk kerja sama yang lebih luas lagi dalam membangun ekosistem bisnis koperasi dan UMKM.

"Jadi sektornya sangat luas sekali, ada dari perdagangan, pertanian, bahkan nanti ada sektor perikanan, pangan intinya, jadi memang potensi kedepannya masih sangat luas, dan kita akan buat bareng-bareng tentunya dengan melihat risiko dan mitigasinyai, jadi perjanjian ini momentum agar bisa lebih cepat lagi membantu masyarakat," ucap Nazir.

Pihaknya berharap, dengan kerja sama ini akan semakin meningkatkan kinerja kedua belah pihak. "Sinergi ini bisa terus berkembang, dan selama ini komunikasinya sangat baik dan diskusinya juga sangat baik, akumulasi memang nilai penjaminan kita sudah berada diatas Rp500 miliar," ujarnya.
(bga)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)