Seragam Tentara Rusia yang Dipakai untuk Perang

Jum'at, 14 April 2023 - 17:22 WIB
loading...
Seragam Tentara Rusia yang Dipakai untuk Perang
Seragam tentara Rusia yang dipakai untuk perang terus berkembang. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Konflik antara Rusia dan Ukraina masih menjadi perhatian publik di seluruh dunia. Sebagai negara dengan militer terkuat kedua di dunia, Rusia tentu menyiapkan dengan matang dan memperhitungkan segala sesuatu untuk pertahanan hingga keselamatan para prajuritnya.

Salah satunya dengan mempersiapkan baju tempur untuk tentara Rusia. Seragam tempur ini terus dimodifikasi untuk memperbaiki dan menyempurnakan seragam sebelumnya yang sudah ada.

Berikut seragam perang tentara Rusia dari tahun ke tahun

1992-1994

Seragam tentara Rusia pada tahun 1992 ini terjadi modifikasi, yaitu pada 11 Februari 1992 dengan mengikuti Perintah Panglima Angkatan Bersenjata CIS No. 50 “Tentang perubahan sementara seragam militer untuk periode 1992-1995”. Untuk marsekal dan jenderal terdapat seragam sesuai dengan pola jaket sehari-hari dengan pangkat di bahu kanan kiri, lalu ada pangkat juga di bagian kanan kiri kerah seragam. Seragam berwarna hijau army. Topi yang dikenakan marsekal, jenderal dan kolonel diganti dengan penutup telinga topi yang berwarna abu-abu. Lalu beret untuk prajurit militer.

1994-2008

Pada tahun 1994, Presiden Boris Yeltsin menandatangani dekrit yang berisi mengenai penghapusan seragam era Soviet dan mengganti pakaian militer. Perubahan seragam ini adalah adanya pita simpul angkatan darat dan angkatan udara yang berhubungan dengan era Kekaisaran dan melambangkan Kementerian Pertahanan Federasi Rusia. Tahun 2005 simbol elang berkepala dua dicopot dari topi perwira, sedangkan pada tahun 2006 simpul pita diubah dan kembali sepenuhnya ke desain Kekaisaran.

2008-2012

Adanya perubahan seragam di tahun 2008 ini berhubungan dengan diangkatnya Anatoly Serdyukov sebagai Menteri Pertahanan di tahun 2007. Ia mengungkapkan bahwa perlu adanya pengembangan seragam baru. Perombakan dilakukan secara menyeluruh, termasuk pada seragam parade baru, seragam sehari-hari, dan seragam lapangan untuk semua cabang dinas. Kembalinya warna gelombang laut untuk perwira militer dan biru untuk perwira pasukan kedirgantaraan, penghilangan saku di bagian dada, dan kembalinya tunik double-breasted untuk para jenderal adalah perubahan yang dilakukan pada seragam tentara Rusia.

2012-sekarang

Adanya teknologi canggih di seragam perang tentara Rusia menjadi perhatian seluruh dunia. Misalnya di zona Rusia Tengah, prajurit menggunakan seragam kamuflase dengan warna hijau dan hitam. Selain adanya fungsi kamuflase pada seragam tersebut, Rusia juga mengutamakan kenyamanan untuk prajuritnya selama pemakaian sehari-hari. Pasalnya, pakaian tersebut terus-menerus dipakai setidaknya 48 jam. Juga terdapat satu setel oversuit dengan pelindung tubuh, berfungsi terhadap serangan langsung dari senapan. Kemudian, dilengkapi pula dengan helm dan rompi dengan perlindungan level 6. Secara keseluruhan, pakaian perang ini mampu melindungi sekitar 90% area tubuh sang prajurit.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)