4 Tips agar Rumah Terhindar dari Hama Kecoa

Selasa, 18 April 2023 - 17:00 WIB
loading...
4 Tips agar Rumah Terhindar dari Hama Kecoa
Kecoa merupakan serangga yang paling dihindari keberadaannya di dalam rumah. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Sadarkah Anda bahwa makanan yang dibuang sembarangan dapat mengundang serangga untuk datang, salah satunya kecoa?

Kecoa sendiri merupakan serangga yang paling dihindari keberadaannya di dalam rumah. Tidak heran, banyak orang merinding, bahkan takut saat melihat hewan bertubuh cokelat itu.

Harus diketahui, rumah yang kotor menjadi daya tarik bagi kecoa. Sebab, kecoa bisa hidup di lingkungan yang kotor, misalnya di saluran pembuangan air seperti bak cuci piring atau tempat pembuangan sampah. Serangga satu ini memang senangnya hidup di tempat yang hangat, gelap, dan lembab.

Head of Business Development Etos Indonusa Radhy menjelaskan, kecoa pada dasarnya tidak mengigit manusia. Namun, kecoa termasuk hama yang berbahaya bagi kita dan dapat menimbulkan kerugian.

"Contohnya, kecoa membawa banyak bakteri dari berbagai macam tempat kotor yang bisa dengan mudah mencemari makanan manusia ketika kecoa tersebut menyentuhnya,” terang Radhy melalui keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).

Makanan yang disimpan di tempat terbuka atau wadah yang tidak tertutup rapat, menjadi sasaran empuk kecoa. Kemampuan kecoa untuk menyebarkan penyakit sangat cepat memang dengan cara mencemari makanan manusia melalui kuman yang terbawa dari tempat-tempat kotor.

“Ketika kecoa menyentuh makanan, makanan tersebut tandanya sudah terkontaminasi bakteri dari tubuh mereka. Kecoa membawa bakteri seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus. Makanan yang sudah terkontaminasi oleh kecoa, ketika dikonsumsi oleh manusia dapat menyebabkan penyakit usus seperti disentri, diare, kolera, sampai demam tifoid,” beber Radhy.

Berbagai cara perlu dilakukan agar kecoa tidak muncul dari sela-sela rumah. Berikut tips agar rumah terbebas dari serangan hama kecoa menurut Etos.

1. Buang Sampah secara Rutin

Sampah yang menumpuk di rumah bisa mengundang banyak serangga, salah satunya kecoa. Pastikan tempat pembuangan sampah tertutup secara rapat dan buang sampah secara rutin setiap hari.

2. Jangan Tumpuk Barang Bekas

Tumpukan barang bekas menjadi tempat persembunyian yang sangat disukai kecoa karena membuat area lebih banyak debu, jarang tersentuh oleh manusia, serta lembab dan gelap. Pastikan tidak ada tumpukan barang bekas lagi di rumah. Beri perhatian khusus dan bersihkan area-area yang biasanya memiliki tumpukan barang bekas seperti gudang, garasi, dan loteng.

3. Simpan Bahan Makanan secara Tertutup

Tempat di mana terdapat bahan baku makanan harus disimpan dengan benar agar terbebas dari hama. Buah dan sayuran yang terlalu matang atau hampir busuk dapat menarik kecoa untuk datang. Pastikan tidak meninggalkan makanan apa pun di tempat yang terbuka. Simpanlah buah dan sayuran di wadah tertutup, atau Anda juga dapat menyimpannya di kulkas agar lebih tahan lama.

4. Jaga Kebersihan Area Dapur dan Saluran Pembuangan

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah datangnya kecoa yakni dengan membersihkan dapur secara rutin. Bersihkan pada bagian tersembunyi seperti sela-sela kompor, laci kabinet, dan sela meja makan.

Selain dapur, kebersihan saluran pembuangan seperti kamar mandi juga memerlukan perhatian agar terbebas dari kecoa. Pastikan saluran pembuangan di kamar mandi tidak tersumbat oleh partikel sabun atau rambut dan pastikan memiliki ventilasi kamar mandi agar sirkulasi udara di ruangan baik.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)