Kartini Masa Kini, Sabrina dan Sarah Soewatdy Dorong Partisipasi Perempuan di Dunia Properti Teknologi

Rabu, 19 April 2023 - 06:00 WIB
loading...
Kartini Masa Kini, Sabrina dan Sarah Soewatdy Dorong Partisipasi Perempuan di Dunia Properti Teknologi
Duo pendiri Rukita Sabrina (kanan) dan Sarah Soewatdy. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Tanggal 21 April lusa diperingati sebagai Hari Kartini yang identik sebagai pahlawan emansipasi perempuan. Apabila Kartini dulu berjuang untuk mendapatkan hak persamaan gender dan emansipasi perempuan, di era modern ini kita bisa melanjutkan perjuangannya dengan cara menciptakan berbagai inovasi baru untuk kemajuan bangsa.

Hal ini pula yang mendorong kakak beradik Sabrina dan Sarah Soewatdy untuk melakukan sesuatu, terutama di bidang properti, dengan memanfaatkan teknologi yang dapat menciptakan lapangan kerja setara bagi semua gender.

Melalui Rukita, perusahaan property technology yang mereka dirikan pada 2019, kedua pemimpin perempuan tersebut berhasil menciptakan solusi hunian sewa jangka panjang. Kepemimpinan Sabrina sebagai CEO dan Sarah sebagai COO, membuktikan bahwa perempuan Indonesia juga memiliki kesempatan yang sama untuk meraih impian lebih tinggi serta menumbuhkan kebaikan yang lebih besar.

Kisah awal kiprah Sabrina dan Sarah dimulai setelah mereka melakukan riset mendalam di Jakarta. Keduanya menemukan bahwa ‘keterbatasan hunian berkualitas’ menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi generasi muda di kota besar saat ini.

Ketersediaan hunian yang terbatas, tingginya harga properti, serta perjalanan ke kantor di kota-kota besar di Indonesia yang tidak efisien secara biaya dan waktu, menjadi masalah utama masyarakat urban.

Guna menjawab permasalahan tersebut, Sabrina dan Sarah lantas mendirikan Rukita, perusahaan proptech yang menyediakan hunian sewa jangka panjang dengan solusi pelayanan menyeluruh.

Sabrina Soewatdy adalah CEO dan Co-Founder Rukita yang bertanggung jawab atas strategi bisnis dan pengembangan perusahaan secara keseluruhan. Di tahun awal kehadiran Rukita, meski terjun di bidang teknologi yang didominasi lelaki, Sabrina tetap semangat dan gencar memperkenalkan solusi hunian yang inovatif bagi kaum urban.

Hingga saat ini, ia telah berhasil membawa Rukita berkembang pesat dan mengoperasikan lebih dari 1,2 juta kamar di Indonesia.

“Pandemi yang terjadi sejak awal 2020 menjadi tantangan nyata dan pembelajaran tersendiri di awal pendirian Rukita. Namun, ternyata bisnis Rukita tetap bertahan dan bahkan menunjukkan pertumbuhan yang positif berkat adaptasi berkelanjutan yang dilakukan Rukita,” jelas Sabrina belum lama ini.

Sabrina sendiri memperoleh gelar Master of Architecture Interior (MArch) dari University of California, Los Angeles (UCLA), dan lulus dari Parsons School of Design di New York dengan gelar Sarjana Seni (BA) dalam Desain Produk. Selama satu dekade terakhir, ia memiliki dedikasi tinggi dan konsisten untuk menyediakan solusi hunian di New York maupun Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)