Catat! Ini Tips Terhindar dari Varian Arcturus saat Mudik Lebaran 2023

Rabu, 19 April 2023 - 11:22 WIB
loading...
Catat! Ini Tips Terhindar dari Varian Arcturus saat Mudik Lebaran 2023
Mudik lebaran 2023 dibayang-bayangi ancaman varian Arcturus yang sudah masuk ke Indonesia. Foto Ilustrasi/MPI/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Mudik lebaran 2023 dibayang-bayangi ancaman varian Arcturus yang sudah masuk ke Indonesia. Subvarian Omicron ini mudah sekali menular. Maka itu, masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ahli Kesehatan Prof. Tjandra Yoga Aditama mengimbau pemudik agar memperhatikan beberapa hal supaya perjalanan ke kampung halaman tetap sehat dan aman dari serangan varian Arcturus.

Hal penting yang perlu diperhatikan selama mudik supaya tetap sehat adalah memastikan kelompok lansia, orang dengan komorbid, atau anak-anak tetap waspada.



"Kelompok rentan diimbau untuk tetap menggunakan masker di ruang tertutup dan di dalam kendaraan," katanya pada MNC Portal, Rabu (19/4/2023).

Prof. Tjandra Yoga Aditama melanjutkan, pemudik semestinya juga sudah mendapatkan vaksin booster, sekali pun pemerintah tidak lagi menjadikan itu sebagai syarat mudik. Ini penting, sebagai proteksi diri dari Covid-19.

"Terlebih varian Arcturus itu bisa menginfeksi orang yang sudah pernah sakit Covid-19," katanya.

Diimbau pula kepada pemudik untuk tidak memaksakan diri jika mengalami beberapa keluhan penyakit. Manfaatkan pos kesehatan agar perjalanan mudik tidak malah membuat kondisi drop.



"Kalau ada keluhan yang mengarah ke Covid-19, segera memeriksakan diri, bila perlu lakukan tes antigen atau PCR," saran Prof. Tjandra yang juga Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI.

Sementara itu, untuk memastikan daya tahan tubuh tetap terjaga selama mudik lebaran 2023, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh.

"Ketika mudik tak jarang daya tahan tubuh cenderung menurun akibat aktivitas yang melelahkan. Kondisi ini membuat tubuh rentan terserang virus, termasuk Covid-19," ungkap Marketing and Sales Director of Consumer Health Dexa Medica Maret Yudianto dalam keterangan resminya.

Karena itu, kata Maret, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh seperti produk imunomodulator.

"Imunomodulator yang dikembangkan dari tanaman meniran hijau seperti Stimuno dapat meningkatkan imun, baik spesifik maupun nonspesifik, sehingga membantu menjaga daya tahan tubuh selama mudik," katanya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)