Waspada! 4 Penyakit Ini Menyerang saat Mudik dan Lebaran

Rabu, 19 April 2023 - 18:42 WIB
loading...
Waspada! 4 Penyakit Ini Menyerang saat Mudik dan Lebaran
Ada banyak penyakit yang menyerang saat mudik dan Lebaran. Deretan penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti udara yang kotor akibat polusi. Foto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Ada banyak penyakit yang menyerang saat mudik dan Lebaran . Deretan penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti udara yang kotor akibat polusi.

Selain itu, kurang istirahat atau kelelahan akibat memaksakan diri selama perjalanan mudik juga bisa membuat seseorang mengalami penyakit ini. Kebiasaan makan berlebihan hingga tidak menjaga kebersihan juga faktor lain yang harus diperhatikan saat mudik dan Lebaran .

Berikut daftar penyakit yang menyerang saat mudik dan Lebaran menurut Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr. dr. Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT.



1. Dehidrasi

Berada dalam mobil selama berjam-jam dengan AC bisa menyebabkan cairan tubuh hilang hingga 100 cc. Agar terhindar dari dehidrasi, bawalah air mineral untuk minum selama perjalanan.

2. Infeksi Jamur

Toilet dan sanitasi yang tidak bersih memicu terjadinya infeksi jamur. Pada wanita, hal ini akan menyebabkan keputihan pada Miss V. Oleh karena itu, pilihlah toilet umum dengan WC jongkok agar tidak bersentuhan dengan kloset yang kotor.

Anda juga bisa bersihkan kloset dengan menggunakan tisu atau disinfektan dan lapisi mulut kloset dengan kertas khusus yang bisa dibeli di apotek atau toko obat. Untuk membasuh organ intim gunakan botol berisi air mineral atau keran.

Sementara wanita yang menggunakan panty liner untuk selalu menggantinya secara teratur. Terakhir, cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan toilet umum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)