Mengenal Penyakit Anak Menteri Susi Pudjiastuti

Senin, 18 Januari 2016 - 13:50 WIB
Mengenal Penyakit Anak Menteri Susi Pudjiastuti
Mengenal Penyakit Anak Menteri Susi Pudjiastuti
A A A
JAKARTA - Kabar duka datang dari keluarga Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Putra sulung Susi, Panji Hilmansyah, meninggal dunia dini hari di Naples, Florida, Amerika Serikat (AS).

Diusianya 31 tahun, Panji diduga meninggal karena serangan jantung. Seperti diketahui, dibandingkan stroke, penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu. (Baca Juga : Ini Penyebab Anak Sulung Menteri Susi Meninggal Dunia)

Penyakit jantung disebabkan oleh aliran darah ke jantung yang terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam arteri jantung ini juga biasa disebut dengan aterosklerosis dan menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner.

Selain bisa mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga memicu terbentuknya penggumpalan darah atau trombosis. Dengan demikian, aliran darah ke jantung pun akan terblokir dan terjadi serangan jantung.

Sementara, pemicu penimbunan lemak dalam arteri jantung disebabkan oleh tingginya kolesterol, merokok, diabetes dan tekanan darah tinggi. Umumnya, penderita serangan jantung akan merasakan sesak napas, sakit atau nyeri di bagian dada, lemah, pusing, gelisah dan cemas.

Dilansir dari Boldsky, sebuah penelitian menemukan, bahwa setiap tahun kematian yang terjadi di dunia, sebesar 30% disebabkan karena masalah jantung. Sementara 11% kematikan dikarenakan penyakit stroke.

Angka kematian pun terus meningkat. Bahkan, sebuah studi mengatakan, satu dari tiga kematikan karena kardiovaskular atau stroke. Meski demikian, para ahli kesehatan pun terus mencari cara untuk mengurangi risiko.

Para ahli kesehatan pun menyarankan, untuk menjaga pola hidup sehat sejak usia anak-anak. Seperti, hindari mengonsumsi junk food, rutin berolahraga, menjaga berat badan, menjaga kadar kolesterol, tidak merokok dan mengontrol tekanan darah.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5926 seconds (0.1#10.140)