Desa-Desa Wisata Baru, Destinasi Hits yang Layak Dikunjungi

Selasa, 14 April 2020 - 13:11 WIB
loading...
Desa-Desa Wisata Baru, Destinasi Hits yang Layak Dikunjungi
Desa Wisata Bawomataluo, Nias Selatan
A A A
JAKARTA -

Indonesia memiliki beragam lokasi wisata yang indah untuk dijelajahi. Tak hanya yang sudah ada dan eksis, destinasi baru pun, kian bermunculan. Yang unik, tempat wisata baru ini makin hits di jagat media sosial (medsos) dan membuat penasaran nitizen. Nah, siapa tahu, lokasi wisata baru ini justru ada di dekat wilayah Anda.

1. Desa Argapura
Desa Argapura, lokasinya berada di Kecamatan Kecamatan Majalengka, Jawa Barat. Bila Anda berkunjung ke desa, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam desa nan asri. Keindahan terasering Argapura tidak kalah menarik dibandingkan yang ada di Pulau Dewata, Bali,
bahkan Vietnam atau Thailand. Tidak saja keindahan terasering, di sebelah barat desa, pengunjung akan dimanjakan dengan pesona keindahan Lembah Cilongkrang. Sedangkan bagian timur, terhampar Gunung Cermai dengan ketinggaian 3.078 meter di atas permukaan laut.

Terasering di Desa Argapura ini bisa dicapai dengan menggunakan sepeda motor ataupun kendaraan roda empat. Dari Kabupaten Majalengka, pengunjung dapat mencari Terminal Maja. Kemudian ikuti jalan yang menghadap ke Argalingga hingga di pertigaan Sadasari-Sukasari
belok kanan. Sesudah jembatan Cilongkrang belok kiri, atau bisa bertanya kepada penduduk arah menuju Teja Permana atau Cibuluh. Kondisi jalan cukup baik hanya untuk kendaraan roda empat mungkin akan sedikit terkendala. Karena jalannya agak sempit, maka disarankan
untuk menggunakan sepeda motor saja. Atau bagi yang hobi bersepeda, bisa mencoba untuk pergi ke lokasi dengan mengayuh sepeda.

Di desa ini, pengunjung pun akan disuguhi wisata kekinian yang menyuguhkan spot Instagenik untuk berfoto. Namanya Bukit Mercury Sayang Kaak. Cocok untuk liburan kaum milenial yang menyukai kegiatan outdoor di alam terbuka. Bukit Mercury Sayang Kaak menawarkan
panorama memukau dari ketinggian. Saat datang, mata akan disuguhi keindahan Taman Nasional Gunung Ceremai. Selain indah, suasananya juga sejuk. Bukit dengan ketinggian 1.600 mdpl ini sebenarnya bumi perkemahan, namun dibuat indah dengan ditambahnya fasilitas baru.
Termasuk berbagai spot selfie dan tempat ngopi. Lokasi yang mulai hits sejak awal Maret 2019 ini memang memiliki berbagai arena untuk berswafoto. Mulai dari spot gardu pandang yang menawarkan keindahan alam dari ketinggian juga ada spot rumah ranting, dan taman bunga.

Salah satu tempat yang banyak menyita perhatian pengunjung adalah spot ngopi di tebing jurang. Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman hangat sembari menyaksikan cantiknya lembah Gunung Ceremai. Lokasi Bukit Mercury Sayang Kaak terletak di
Taman Nasional Gunung Ceremai Blok Cibuluh, Kecamatan Argapura. Akses menuju ke lokasi ini juga sudah cukup baik. Pengunjung akan melewati terasering yang cantik. Rutenya, terasering Panyeweuyan langsung ke Blok Cibuluh, jarak tempuhnya kurang lebih tiga kilo meter.

2. Desa Ponggok

Ponggok adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dulu desa ini terkenal sebagai desa miskin. Namun, Desa Ponggok saat ini telah dikembangkan menjadi desa wisata air, mengingat Desa Ponggok memiliki potensi air yang melimpah.
Di Desa Ponggok terdapat beberapa umbul seperti Umbul Besuki, Umbul Sigedang, Umbul Ponggok, Umbul Kapilaler, serta Umbul Cokro. Di setiap umbul dapat dijumpai pemandangan alam yang indah serta air yang jernih.

Untuk menjaring wisatawan, Ponggok terus menambahkan objek menarik bagi pengunjung. Misalnya menambahkan objek wisata khusus untuk berswafoto dalam air dengan dikelilingi ikan. Pengunjung bisa memilih objek yang ingin dijadikan tempat berfoto.
Mulai dari menggowes sepeda jadul, nonton televisi hingga paket komplit kursi tamu, yang semuanya berada di dalam air. Saking indahnya objek wisata Desa Ponggok, Presiden Jokowi bahkan turun tangan sendiri mempromosikannya lewat akun instagramnya.

Saat ini, sebanyak lebih dari 30 ribu wisatawan datang ke Desa Ponggok setiap bulannya. Umbul Ponggok memang tidak setenar Raja Ampat atau Bunaken tapi yang membuatnya unik adalah tempat wisata ini berada di perairan darat alias memanfaatkan sumber mata air.
Sebagai satu-satunya tempat snorkeling perairan darat yang ada di Indonesia, Umbul Ponggok dipermak sedemikian rupa. Sehingga tidak hanya digunakan untuk aktifitas renang dan snorkeling saja, tapi juga menjadi objek underwater photography.
Terutama oleh anak-anak muda yang gemar memamerkan foto-foto dan gambar video dengan background yang unik dan menarik di berbagai media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)