6 Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Lemak dari Hidangan Lebaran Bersantan

Selasa, 25 April 2023 - 04:40 WIB
loading...
6 Makanan dan Minuman yang Bantu Kurangi Lemak dari Hidangan Lebaran Bersantan
Untuk mengurangi lemak pada tubuh dari makanan lebaran yang tinggi lemak, ada beberapa buah dan minuman yang bisa Anda konsumsi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Perayaan lebaran identik dengan berbagai hidangan lezat, terutama yang mengandung santan.

Santan sendiri dikenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, di mana jika dikonsumsi secara terus-menerus dapat mengganggu kesehatan tubuh. Nah, untuk mengurangi lemak pada tubuh dari makanan lebaran yang tinggi lemak, ada beberapa buah dan minuman yang bisa Anda konsumsi.

Apa saja? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber Selasa (25/4/2023).


1. Greek Yoghurt

Greek yoghurt memiliki protein hampir dua kali lebih banyak dari yogurt lain. Tak hanya memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yoghurt jenis ini juga bisa membantu membakar lebih banyak kalori dengan mencerna protein daripada karbohidrat. Pilihlah yoghurt tanpa lemak atau rendah lemak, dan rendah gula.

2. Teh Hijau

Beberapa penelitian menunjukkan, teh hijau dapat membantu penurunan berat badan dengan merangsang tubuh untuk membakar lemak. Teh hijau mengandung katekin, sejenis fitokimia yang dapat mempengaruhi metabolisme secara singkat.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda mungkin perlu minum teh hijau beberapa kali sehari. Cobalah minum teh panas, karena butuh waktu lebih lama untuk diminum, memberikan pengalaman yang menenangkan dan penuh perhatian.

3. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu obat tradisional kuno yang telah terbukti khasiatnya. Cuka apel diketahui dapat mengurangi nafsu makan dan menurunkan kadar gula darah dan insulin pada penderita diabetes.

Terlebih lagi, komponen utama cuka, asam asetat, telah ditemukan mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanan lemak perut dalam beberapa penelitian pada hewan.


4. Teh Oolong

Teh oolong adalah salah satu minuman yang bisa menjadi pilihan minuman sehat Anda. Teh ini punya banyak manfaat kesehatan yang sama dengan teh hijau, berkat kandungan kafein dan katekinnya.

Tinjauan dari beberapa penelitian menemukan bahwa kombinasi katekin dan kafein dalam teh meningkatkan pembakaran kalori dengan rata-rata 102 kalori per hari.

5. Anggur

Anggur tidak memiliki kandungan yang dapat membakar lemak, namun dapat membantu Anda merasa kenyang dengan memiliki sedikit kalori. Hal ini dikarenakan serat larutnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

6. Buah Berry

Seperti buah-buahan lain, buah beri juga mengandung banyak air dan serat, yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Buah berry juga punya rasa manis, yang dapat memuaskan keinginan untuk makan manis ditambah dengan kalori yang sedikit, jika dibandingkan dengan makan kue atau brownies.

Tak hanya itu, buah-buahan jenis berry juga sarat akan antioksidan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4996 seconds (0.1#10.140)