The Program: Menguak Kebohongan dan Kegetiran Hidup Lance Armstrong

Jum'at, 29 Januari 2016 - 23:21 WIB
The Program: Menguak Kebohongan dan Kegetiran Hidup Lance Armstrong
The Program: Menguak Kebohongan dan Kegetiran Hidup Lance Armstrong
A A A
JAKARTA - Lance Armstrong dikenal sebagai salah satu pembalap sepeda terbaik di dunia. Sayang, skandal doping yang menerpanya menghancurkan karier yang telah dia bangun selama bertahun-tahun.

Film The Program berusaha menguak apa yang sebenarnya terjadi pada Lance yang telah menjuarai Tour de France sebanyak tujuh kali berturut-turut dari tahun 1999—2005. Film ini juga mengisahkan perjuangan hidup sang atlet.

Sempat mengidap kanker dan berhasil sembuh, Lance kemudian mendirikan Yayasan Lance Armstrong dan memproduksi gelang bernama Livestrong. Namun, konflik kemudian muncul. Pada 1999, dia menjalani tes urine dan terbukti memakai doping. Setelah peristiwa itu, baik awak media ataupun masyarakat kerap bertanya-tanya apakah Lance masih terus menggunakan doping sehingga dapat memenangkan kejuaraan sepeda bergengsi tersebut secara berturut-turut?

Melihat keganjilan ini, seorang wartawan olahraga Irlandia dari Sunday Times, David Walsh berusaha untuk terus mengumpulkan bukti untuk membongkar kebohongan Lance. Dia yakin bahwa Lance masih terus melibatkan penggunaan obat terlarang di setiap kejuaraan yang ia menangkan. Lance tidak diam, dia menggunakan segala cara dengan melibatkan powernya sebagai atlet ternama untuk menuntut David. Atlet itu pun berhasil menang di pengadilan.

Namun, sepertinya Lance telah merasa tidak nyaman dengan rumor yang masih saja beredar tentang penggunaan doping. Di tahun 2011, Lance memutuskan untuk mengundurkan diri dan pensiun dari dunia balap sepeda.

Dibintangi Ben Foster sebagai Lance Armstrong, Chris O’Dowdn, Lee Pace, Jesse Plemons, dan Dustin Hoffman, film ini mengajarkan tentang kejujuran dan rasa tanggung jawab yang harus dimiliki oleh setiap orang. Terlebih jika orang tersebut adalah sosok panutan yang menginspirasi banyak orang.

Bagaimana kelanjutan kisah Lance Armstrong yang digarap oleh Stephen Frears ini? Apa yang dia lakukan usai pensiun? Lalu, apakah benar Lance kerap menggunakan obat-obatan terlarang untuk meningkatkan kinerjanya selama menjalani kompetisi sepeda? Untuk mengetahui kisah lengkapnya, Anda dapat menyaksikannya mulai hari ini, 29 Januari 2016 di Cinemaxx Theatre, CGV Blitz, dan Platinum Cinemas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6470 seconds (0.1#10.140)