5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Disadari, Tak Melulu Nyeri

Selasa, 02 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
5 Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Disadari, Tak Melulu Nyeri
Gejala awal batu ginjal jarang diketahui. Batu ginjal massa padat dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemih disebabkan mineral menumpuk di ginjal. Foto/Loyola Medicine
A A A
JAKARTA - Gejala awal batu ginjal jarang diketahui. Batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal terutama disebabkan ketika mineral terlarut menumpuk di dalam ginjal.

Mereka dapat pindah ke saluran kemih dan dapat menyebabkan masalah. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan batu ginjal termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan, dan riwayat medis seseorang.

“Batu ginjal mungkin kecil dan lewat tanpa disadari melalui saluran kemih, tetapi beberapa seukuran bola golf. Mereka dapat terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urine mengandung terlalu banyak zat tertentu,” jelas Dr. Praveen Pushkar di Pristyn Care.

“Ada beberapa jenis batu ginjal. Batu kalsium sejauh ini adalah jenis yang paling umum. Batu yang lebih besar dapat menyebabkan rasa sakit yang parah saat mereka meninggalkan tubuh,” sambungnya.



Biasanya tidak ada gejala batu ginjal sampai batu bergerak di ginjal atau masuk ke ureter. Batu-batu kecil dapat keluar dari tubuh dengan sedikit atau tanpa rasa sakit.

Sedangkan batu yang lebih besar di sistem kemih tersangkut dan dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit tajam yang parah yang dimulai tiba-tiba. Biasanya di perut atau di satu sisi punggung, dan akan hilang dengan cepat.

Sementara itu, ada gejala awal batu ginjal yang perlu diketahui. Berikut ulasannya dilansir dari Times of India, Selasa (2/5/2023).



Gejala Awal Batu Ginjal yang Tidak Disadari


1. Nyeri


Nyeri mendadak di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas atau di sekitar punggung dapat menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)