Ini Tanda Anak Alami ADHD Atau Hiperaktif

Jum'at, 19 Februari 2016 - 00:30 WIB
Ini Tanda Anak Alami ADHD Atau Hiperaktif
Ini Tanda Anak Alami ADHD Atau Hiperaktif
A A A
JAKARTA - Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) atau yang lebih sering dikenal hiperaktif, merupakan gangguan jangka panjang yang menyerang anak-anak hingga dewasa.

Bendahara Asosiasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja Indonesia (Akeswari), Dr. Eliyati D. Rosadi, SPKJ (K) menjelaskan, bahwa ADHD memiliki beberapa gejala yang mudah diamati.

"Anak dengan ADHD itu biasanya akan sulit konsentrasi serta munculnya perilaku hiperaktif yang implusif. Dia nggak akan bisa diam, jail sama temanya, dibilangin susah dan dia lebih galak," papar Eliyati kepada Sindonews dalam acara Kesehatan Jiwa Anak di Gedung Sindo, Kamis (18/2/2016).

Menurut dia, gejala-gejala tersebut umumnya bisa dilihat sejak umur dua tahun. Bahkan, gejala ADHD akan terlihat semakin jelas saat mereka mengalami perubahan di sekitarnya.

"Mereka yang sekolah, umumnya ketika diterangin guru akan suka memotong pembicaraan gurunya. Dia juga lebih mudah lupa kalau punya pekerjaan rumah. Selain itu anak dengan ADHD juga akan lebih sulit konsentrasi. Karena itu di kamarnya jangan banyak barang-barang," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7168 seconds (0.1#10.140)