Mengenal Karimunjawa dan Wisata di Sekitarnya, Indah Banget!

Selasa, 02 Mei 2023 - 17:34 WIB
loading...
Mengenal Karimunjawa dan Wisata di Sekitarnya, Indah Banget!
Karimunjawa merupakan gugusan 27 pulau yang telah ditetapkan sebagai taman nasional laut yang diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 1992. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Karimunjawa merupakan gugusan 27 pulau yang telah ditetapkan sebagai taman nasional laut yang diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 1992. Selain keindahan panorama nya, kekayaan flora dan fauna juga jadi daya tarik wisata kepulauan Karimunjawa.

Dilansir dari Jurnal bertajuk "Potensi dan Pengembangan Paket Wisata Karimunjawa", Taman Nasional Laut Karimunjawa merupakan salah satu kawasan wisata unggulan di tingkat Regional maupun Internasional.


Wisata yang Berada di Sekitar Karimunjawa

Berikut ini delapan objek wisata yang berada di Kepulauan Karimunjawa.

1. Pulau Menjangan Besar

Pulau Menjangan Besar merupakan salah satu anak pulau yang letaknya paling dekat dengan pulau Karimunjawa. Terdapat penangkaran ikan hiu dan ikan Barakuda yang selalu menjadi perhatian para pengunjung di tempat ini.

Dekat penangkaran ikan Hiu dan Barakuda ini terdapat Wisma Apung yang disediakan bagi mereka yang ingin menginap dan bermalam di atas laut.

2. Pulau Menjangan Kecil

Dinamakan Pulau Menjangan Kecil karena letak pulau ini yang berdampingan dengan pulau Menjangan Besar dan punya ukuran yang lebih kecil. Di pulau ini dihiasi oleh hamparan pasir putih luas disertai terumbu karang berwarna-warni dan beraneka jenis ikan hias di lautnya.

3. Pantai Tanjung Gelam

Berada di bagian barat Kepulauan Karimunjawa, wisata ini merupakan zona perkembangan Elang Jawa. Kekayaan laut yang dimiliki wilayah ini juga dirasa sangat mampu untuk menopang kehidupan burung karnivora yang telah dilindungi itu.

4. Pulau Menyawakan

Pulau yang terletak di sebelah barat Karimunjawa ini merupakan tempat penangkaran kura-kura atau yang sering disebut Kura-Kura Resort. Pulau Menyawakan juga menyediakan Water Sport Activity dengan kolam renang yang berukuran cukup besar.


5. Pulau Cemara

Letak Pulau Cemara berada tepat di sebelah barat Pulau Karimunjawa dan di sebelah timur Pulau Menyawakan. Selain menyuguhkan keindahan pantai pasir putih, pulau ini juga berdekatan dengan pulau kecil lain seperti Pulau Taka Bimbang dan Pulau Gosong.

6. Pantai Kohim

Pantai Kohim terletak di Pulau Kemojan bagian timur, sebelum Bandara Dewadaru Karimunjawa. Seberang pantai ini, pengunjung dapat menyaksikan gugusan pulau kecil lainnya.

7. Perkampungan Suku Bugis

Sama seperti Pantai Kohim, Perkampungan Suku Bugis ini terletak di bagian ujung utara Pulau Kemojan yaitu sesudah Bandara Dewadaru Karimunjawa. Dalam desa ini pengunjung dapat menemukan bangunan rumah adat suku bugis lengkap dengan aksesorisnya.

8. Trail Wisata Legon Lele

Merupakan jalur hiking di lereng sebelah timur perbukitan pulau Karimunjawa, memiliki panjang jalur 4.470 meter yang dimulai dari kampung Jati Kerep menuju Pancuran Belakang melalui kawasan hutan dengan dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam.

Dari sini wisatawan dapat melihat indahnya pantai dan batu karang yang terhampar mengelilingi Pulau Karimunjawa.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2183 seconds (0.1#10.140)