6 Penyebab Gigi Anak Lambat Tumbuh, Orang Tua Wajib Tahu

Selasa, 02 Mei 2023 - 18:43 WIB
loading...
6 Penyebab Gigi Anak Lambat Tumbuh, Orang Tua Wajib Tahu
Terdapat sejumlah faktor yang mungkin menyebabkan lambatnya pertumbuhan gigi anak. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cut Raifa Aramoana alias Baby Moana, anak pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan telah berusia 9 bulan. Namun, Ria Ricis curhat jika putrinya itu masih belum tumbuh gigi.

"Ada yang tahu gak, gigi Moana kemana? Kok gak nongol-nongol, ya?" tulis Ria Ricis dalam keterangan di salah satu unggahannya di akun Instagram pribadinya @riaricis1795, dikutip Selasa (2/5/2023).

Secara kesehatan, hal itu merupakan hal yang umum. Seperti dikutip dari laman kesehatan Health Line, biasanya gigi susu mulai tumbuh saat bayi berusia 6-12 bulan.



"Beberapa anak mungkin mendapatkan gigi susu pertama di usia 4 bulan, sementara yang lain baru mendapatkan gigi susu di usia mendekati 12 bulan," terang Dokter Spesialis Anak, dr. Mia Amstrong di laman tersebut.

Lantas, apa yang menyebabkan belum tumbuhnya gigi susu pada anak? Terdapat sejumlah faktor yang mungkin menyebabkan lambatnya pertumbuhan gigi anak.

Dalam beberapa kasus, ini mungkin karena penyakit yang mendasari. Dan berikut beberapa kemungkinan penyebab gigi susu tertunda.

1. Kelahiran Prematur atau Berat Badan Lahir Rendah


Bayi yang lahir prematur atau berat badan lahir rendah punya risiko lebih besar gigi susunya lambat tumbuh ketimbang bayi yang lahir normal.

2. Malnutrisi


Nutrisi yang tepat selama kehamilan dan masa 1.000 hari kelahiran akan sangat penting menentukan pertumbuhan bayi. Kondisi malnutrisi bisa menyebabkan pertumbuhan gigi terhambat 1-4 bulan lebih lambat dari normalnya.

3. Beberapa Masalah Sindrom


Beberapa sindrom dapat menyebabkan tertundanya pertumbuhan gigi susu, seperti down syndrome, apert syndrome, Ellis-van Creveld syndrome, progeria Hutchinson-Gilford syndrom, Zimmermann-Laband-1 syndrome, atau Axenfeld-Rieger syndrome.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)