Libur Lebaran, 10 Destinasi Wisata Ini Diserbu Wisatawan

Selasa, 02 Mei 2023 - 20:13 WIB
loading...
Libur Lebaran, 10 Destinasi Wisata Ini Diserbu Wisatawan
Ada 10 destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran 2023. Destinasi ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi favorit. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ada 10 destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran 2023. Destinasi ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi favorit masyarakat setiap liburan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan destinasi wisata tersebut di antaranya adalah Malioboro (Yogyakarta), Ciwidey (Bandung) dan Lembang (Bandung).

Selain itu, ada juga Puncak (Bogor), Borobudur (Magelang), Dataran Tinggi Dieng (Jawa Tengah), Pangandaran (Jawa Barat), Kebun Bintang Ragunan (Jakarta), Ancol (Jakarta) dan Pemandian Guci (Tegal).

"Berdasarkan survei yang dilakukan yang melibatkan 1.045 responden, menunjukan ada 10 wisata tujuan favorit saat libur Lebaran," kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung DS Sapta Pesona, Jakarta Pusat Selasa (2/5/2023).



Sementara itu untuk observasi lapangan, Sandi menjelaskan, bahwa titik pergerakan mudik Sumatera ada di Padang dan Lampung. Sedangkan Pulau Jawa ada di Jawa Tengah dan Cirebon, Sulawesi berada di Makassar.

"Periode Lebaran, kami tidak diam, kita bekerja, mengawasi, memantau dan menyelesaikan beberapa pemetaan kajian preferensi aktivitas wisatawan nusantara selama libur Lebaran 2023, melalui beberapa media, survei online dan juga menjangkau responden lebih luas," jelas Sandiaga.

Sementara untuk rata-rata pengeluaran wisatawan selama libur Lebaran 2023 tembus hingga Rp2,7 juta dari target sebelumnya adalah Rp1,9 juta. Menurut Sandiaga, hal ini menjadi kabar baik karena melampaui dari yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Di mana rata-rata biaya paling besar yang dikeluarkan adalah untuk transportasi yaitu 23,4 persen, akomodasi 22 persen, makan dan minum 20 persen, suvenir, cinderamata, fesyen dan kriya 14 persen .



"Dan dengan ini kami merevisi potensi perputaran di sektor Parekraf saat mudik Lebaran 2023, dari angka Rp204 triliun menjadi Rp335,3 triliun," tandasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)