Nikmatnya Sajian Ikan Bergizi Tinggi plus Minuman Segar

Minggu, 21 Februari 2016 - 08:25 WIB
Nikmatnya Sajian Ikan Bergizi Tinggi plus Minuman Segar
Nikmatnya Sajian Ikan Bergizi Tinggi plus Minuman Segar
A A A
BANDUNG - Sajian ikan menjadi salah satu olahan makanan yang cukup digemari di Indonesia. Terlebih, sajian ikan yang diolah secara khas tradisional maupun internasional. Misalkan saja menu Gulai Ikan Tenggiri. Sajian yang menggunakan bahan utama ikan tenggiri 140 gram ini, diolah dengan aneka bumbu rempah dan disajikan secara tradisional.

Untuk pembuatannya, ikan tenggiri seberat 140 gram ini sebelumnya di marinade, lalu diolesi minyak kemudian dipanggang. Rasa khas ikan tenggiri seketika membuat wangi khas ikan ini pun menyebar.

Tak hanya itu, bau amis di ikan ini pun hilang. Untuk menambah cita rasa ikan tenggiri yang kuat, menu yang satu ini pun dikolaborasikan dengan kuah yang merupakan campuran bumbu rempah dan kaldu ayam.

gulai ikan tenggiri (koran sindo-anne rufaidah)

Pembuatan kuahnya, berawal dari dihaluskannya bumbu rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan cabe merah. Usai itu, bumbu yang telah dihaluskan diberikan kuah kaldu ayam dan ditumis secara bersamaan dengan ikan tenggiri yang telah diolah dan dibagi menjadi tiga bagian tersebut.

Ketika kuah mulai mendidih, tambahkan santan agar cita rasa kuahnya semakin kental dan gurih. Biarkan bumbu kuah meresap ke dalam ikan, hingga didapatkan gulai ikan tenggiri yang memiliki rasa ikan yang kuat dengan kuah kental yang gurih.

“Untuk menambah cita rasa gulai ini, kami pun menyajikan menu ini dengan sambal dan kecap manis. Sebagai salah satu menu mainc ourse andalan hotel ini, gulai ikan tenggiri ini memiliki cita rasa olahan menu ikan khas tradisional karena kaya akan bumbu rempahnya,” ujar Executive Sous Chef Intercontinental Resort Dago Pakar, Johse Rigano.

Ia pun menuturkan, sebagai negara maritim, kekayaan Indonesia akan berbagai jenis ikan-ikannya sebenarnya bisa diolah dengan beragam cara. Mulai dari cara pengolahan menu yang tradisional hingga modern.

Ikan tenggiri pun dipilih lantaran selain memiliki cita rasa ikan yang khas, bau amis yang dikeluarkan ikan ini pun dengan mudah dihilangkan, dengan cara pengolahan yang kaya akan bumbu rempah. Tak heran, menu gulai ikan menjadi salah satu menu favorit mereka yang berkunjung ke Damai Restaurant, yang ada di hotel ini.

Selain pengolahan ikan tenggiri, ikan lainnya yang juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, yakni ikan Salmon. Johse mengatakan, cara pengolahan dan penyajian menu ikan salmon ini sangat berbeda dengan gulai ikan tenggiri. Tentunya, agar vitamin yang terkandung dalam ikan salmon bisa didapatkan dengan maksimal, pengolahan ikan salmon pun harus tepat.

salmon 1 (koran sindo-anne rufaidah)

Untuk menu ikan salmon kali ini, ia menggunakan ikan salmon segar seberat 180 gram. Ikan yang sudah dibersihkan dan dipotong menjadi beberapa bagian ini, dibumbui dengan merica dan garam. Guna menambah cita rasa sajina ikan salmon, ia pun menambahkan kaldu ayam yang disertai dengan sayuran seperti brokoli, paprika, cabai, dan bawang bombay.

Sebagai penyeimbang kalori, hidangan ikan salmon ini pun disajikan dengan kentang rebus yang dipotong agak tebal dan disimpan dibawah ikan salmon.
Usai semua bahan lengkap, cara memasak ikan ini pun dengan cara dikukus. Pertama, ikan salmon yang sudah dipotong disajikan di atas kentang. Lalu dibawahnya terdapat kaldu ayam, dan sayuran, dan di tata secara rapi.

Setelah itu, semua bahan dibungkus di dalam aluminium foil dan dibubuhi sedikit alkohol untuk menghilangkan bau amis dari ikan salmon. Setelah lengkap semua bahan, lalu dikukus selama kurang lebih 15 menit.

“Alkohol dibubuhkan sedikit ke atas ikan salmon agar bau amis ikan hilang. Pemberian alkohol ini pun dimaksudkan agar juicy dalam ikan salmon keluar, dan gurihnya bisa dinikmati. Tapi kandungan alkohol pun seketika akan hilang, saat bungkusan aluminium foil dibuka, kandungan alkohol pun langsung menguap dengan sendirinya,” terang Johse.

Usai dikukus dan dibuka aluminium foilnya, alkohol yang sudah menguap pun lalu digantikan dengan perasan jeruk lemon. Cita rasa ikan salmon yang gurih, semakin nikmat karena juicy dalam ikan salmon pun keluar, dan bercampur dengan rasa gurih kaldu ayam, dan asamnya jeruk lemon.

Selain memiliki cita rasa yang tinggi, sajian menu ikan salmon pun memiliki kandungan gizi yang tak kalah hebat dengan ikan tenggiri. dalam setiap ikan salmon, terdapat sumber Omega 3 yang tinggi.

Ikan salmon yang dianggap sebagai super food ini pun bahkan memiliki kandungan asam amino yang beragam, Vitamin A, D, B6, B, dan K. Bahkan kandungan lainnya pun seperti Kalsium, Zat Besi, Seng, Magnesium, dan Fosfor juga ada pada ikan yang satu ini.

Jadi, jika Anda menginginkan tubuh yang sehat dan bugar, maka tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi ikan tenggiri dan ikan salmon ini. Selain keduanya memiliki cita rasa khas ikan yang lezat dan gurih, ikan-ikan ini pun ternyata memiliki kandungan gizi yang luar biasa bagi tubuh anda.

healthy and fresh drink (koran sindo-anne rufaidah)

Minuman Cantik Pengiring Menu Ikan
Dalam menu santapan ikan, rasa gurih kerap menyambangi lidah kita. Kandungan protein dalam ikan yang cukup tinggi pun, dan rasa gurihnya tentu akan semakin terasa nikmat, jika diimbangi dengan minuman segar yang juga memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh.

Barista Damai Restaurant, Prima mengatakan, ada beberapa jenis minuman yang bisa jadi pilihan pengiring sambil menyantap menu ikan. Diantaranya, yakni Tropical Fruit Punch.

Buah nanas yang masih fresh diblend, lalu disajikan dengan teknik penuangan yang unik bersama child juice jambu biji merah, dan lemon.
Menurutnya, kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam minuman ini sangan cocok menetralisir menu-menu dengan kolesterol maupun menyegarkan mulut usai menyantap hidangan ikan-ikanan.

“Agar mempercantik tampilannya, minuman yang satu ini pun disajikan dengan teknik penuangan yang khusus, agar warna-warna yang ditampilkan lebih cantik,” terangnya.

Pilihan minuman segar lainnya, anda bisa juga menikmati Sunriser. Minuman yang merupakan kolaborasi apil orange child juice ini dicampur dengan grenadine syrup, soda, dan ditambahkan es segar.

Sajian dengan warna uniknya layaknya matahari tenggelam ini pun, membuat minuman ini begitu segar saat pertama kali anda cicipi. Terlebih, saat anda usai menyantap menu ikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Lahap menu ikannya, dapatkan khasiatnya, dan nikmati kesegaran dari beragam minuman segarnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5010 seconds (0.1#10.140)