6 Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Sabtu, 06 Mei 2023 - 06:30 WIB
loading...
6 Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan
Indonesia memiliki sejumlah kebun raya yang luas dan indah. Tempat ini cocok dijadikan destinasi liburan, khususnya di akhir pekan. Foto/Instagram Kebun Raya Bogor
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki sejumlah kebun raya yang luas dan indah. Tempat ini cocok dijadikan destinasi liburan, khususnya di akhir pekan.

Kebun raya sendiri merupakan suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, konservasi, dan lain-lain. Di Indonesia, ada banyak sekali kebun raya yang bisa dijadikan destinasi liburan untuk sejenak menyegarkan diri dengan cara lebih dekat pada alam.

Berikut enam kebun raya di Indonesia yang punya pemandangan indah dan cocok jadi tujuan berlibur, dirangkum Sabtu (6/5/2023).


1. Kebun Raya Bogor

6 Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Foto/Instagram Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan kebun raya terbesar dan tertua di Indonesia. Kebun raya ini didirikan pada 1817 dan memiliki luas sekitar 87 hektar. Di kebun raya ini terdapat lebih dari 15.000 jenis tanaman, termasuk tanaman langka dan koleksi anggrek yang lengkap.

2. Kebun Raya Cibodas

6 Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Foto/Instagram Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di kawasan Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 84 hektar serta punya beragam koleksi tanaman hutan dan pegunungan. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai jenis pohon pinus, rhododendron, dan juga tanaman khas Indonesia seperti anggrek hitam.

3. Kebun Raya Purwodadi

Selanjutnya ada Kebun Raya Purwodadi di Jawa Tengah, yang juga dikenal dengan nama Hortus Ilkim Kering. Kebun Raya Purwodadi didirikan pada 30 Januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking.

Beberapa koleksi tanaman yang ada di kebun raya ini seperti anggrek, bambu, agave, polong-polongan, pisang, tanaman obat, dan masih banyak lagi. Di kebun raya ini tersimpan sekitar 2.000 jenis tumbuhan yang menempati luas lahan 85 hektar.


4. Kebun RayaBali

6 Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Foto/Instagram Kebun Raya Bali

Kebun Raya Eka Karya Bali atau kerap disebut Kebun Raya Bali merupakan destinasi pilihan selanjutnya untuk berlibur. Di sini Anda bisa melihat tumbuhan hutan hujan tropik dan beberapa spot menarik seperti Taman Paku yang berisi koleksi tanaman paku. Lalu ada juga Taman Surya Nirwana dengan pemandangan indah Danau Beratan dan Bukit Pengelengan.

5. Kebun Raya Samosir

6 Kebun Raya di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Foto/Instagram Kebun Raya Samosir

Kebun Raya Samosir terletak di Pailit, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Terletak hanya 200-300 meter dari Danau Toba, kebun Raya Simosir memiliki luas lahan sekitar 100 hektar. Kebun raya ini membawa eksotika tersendiri di tengah hawa sejuk khas dataran tinggi yang berembus di sekitar Danau Toba.

6. Kebun Raya Solok

Kebun raya selanjutnya yang bisa jadi pilihan berlibur adalah Kebun Raya Solok yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Kebun Raya Solok terletak di perbukitan yang membuat cuacanya sejuk dan nyaman. Koleksi Kebun Raya Solok adalah konservasi tumbuhan rempah, karena masyarakat Solok sendiri dikenal cukup akrab dengan pemanfaatan rempah dalam kehidupan mereka.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)