5 Tips Hadapi Masa Pensiun, Dijamin Hari Tua Bahagia

Selasa, 09 Mei 2023 - 10:57 WIB
loading...
5 Tips Hadapi Masa Pensiun, Dijamin Hari Tua Bahagia
Masa pensiun atau purna tugas harus dipersiapkan dengan matang sedini mungkin. Salah satu yang perlu disiapkan adalah kemampuan untuk berinvestasi. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Mempersiapkan masa pensiun sangatlah penting. Hal tersebut sebaiknya mulai dipersiapkan karyawan ataupun pekerja dari sekarang dengan pertimbangan matang. Berikut sejumlah tips singkat mempersiapkan masa purna tugas di sebuah profesi ataupun pekerjaan.

1.Disiplin menabung setiap bulan

Tanpa tabungan yang cukup, kamu bakal terpaksa untuk mencari dana tambahan atau malah menjadi bergantung dengan orang lain di masa pensiun.Supaya inisiatif ini dapat berjalan dengan lancar, kamu bisa mengikuti program tabungan yang disediakan oleh Bank atau menabung sendiri di rumah.

2.Mempelajari cara berinvestasi

Di masa pensiun seseorang tidak memiliki pemasukan pasti karena itu perlu memiliki pemasukan pasif yang setidaknya bisa membantu pengeluaran bulanan dan tidak bergantung dengan tabungan.Sebagai saran, Anda bisa mulai belajar berinvestasi dan menyisihkan sedikit pendapatan untuk membeli obligasi di bursa saham. Atau, bisa berinvestasi pada instrumen yang sifatnya menguntungkan untuk jangka panjang, seperti emas, properti, dan deposito.



3.Melunasi utang

Tak memiliki utang tentu membuat hidup terasa lebih nyaman. Melihat hal tersebut, ada baiknya Anda melunasi semua utang sebelum masa pensiun tiba.

4.Hitung kebutuhan dana bulanan saat pensiun

Saat menyusun persiapan pensiun, menghitung kebutuhan dana bulanan juga menjadi hal yang penting. Sebab, inisiatif ini berhubungan dengan melengkapi semua kebutuhan pokok yang Anda butuhkan di masa pensiun nanti. Maka dari itu, mulai diskusikan kebutuhan dana bulanan dengan pasanganmu supaya semuanya bisa terhitung dengan baik.


5.Pertimbangkan dana kesehatan

Semua orang tentu ingin hidup sehat di masa tua supaya bisa tetap menjalankan kegiatan sehari-hari dengan nyaman. Dana satu ini bisa mulai Anda cicil setiap bulannya. Sebagai saran, sisihkanlah sekitar 20% pendapatanmu untuk kebutuhan satu ini.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)