Konsep Dapur Outdoor Makin Tren di Masyarakat

Rabu, 22 Juli 2020 - 13:29 WIB
loading...
Konsep Dapur Outdoor Makin Tren di Masyarakat
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Suasana memasak menjadi akan lebih berbeda jika dapur langsung beratapkan langit alias outdoor. Pandangan pun tidak melulu meja makan, lemari piring, bahkan anggota keluarga yang berkumpul di rumah keluarga.

Ferdian Khalif, Site Engineer dari PT Tiga Adi Rekabangun menjelaskan, ada dua konsep utama tentang outdoor untuk dapur. Pertama, outdoor yang layaknya ruang barbeque (membakar makanan dengan pemanggang besar), yakni rumah tersebut tanpa penutup atap sama sekali. Kedua, dapur outdoor terpisah, namun masih dalam satu naungan atap bangunan utama. Dapur tersebut dapat sirkulasi udara dan cahaya langsung dari luar.

"Konsep tanpa atap itu butuh peralatan yang benar-benar kuat. Meskipun tanpa atap, namun biasanya ada sedikit penutup untuk melindungi peralatan penting seperti kompor agar tidak langsung terkena hujan," ujarnya.

Untuk dapur outdoor ini, permasalahan utamanya hanya saat hujan. Di siang hari saat terik matahari, panasnya cukup mengganggu, namun bisa diminimalisir dengan atap transparan. (Baca: Jangan Asal Pilih Hand Sanitizer, Efeknya Bisa Berbahaya untuk Kesehatan)

Untuk dapur outdoor konsep terpisah ini sebisa mungkin tidak berada dekat dengan carport. "Jangan sampai asap knalpot mobil malah masuk ke dapur. Asap tersebut mengandung racun yang sedikit banyak bakal mempengaruhi dapur kita," ucap Ferdian.

Dia juga menyarankan pemilik rumah yang ingin memiliki konsep dapur seperti ini harus memiliki dapur cadangan di dalam rumah. Sehingga, jika cuaca yang tidak mendukung untuk masak di luar, dapat mengandalkan 'emergency kitchen' ini.

Konsep dapur outdoor kedua inilah yang kini tren dalam desain rumah. Dapur tetap ada pada lindungan atap utama yang menjadi satu dengan bangunan inti, hanya penempatannya di luar dinding inti.

Keuntungan dari desain ini, asap ataupun aroma masakan saat memasak tidak masuk rumah, sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara rumah. Selain itu, rumah juga tetap terlihat bersih.

"Dapur juga punya pencahayaan alami yang baik, sehingga dapur dapat terlihat terang tanpa ada bantuan cahaya lampu," jelasnya. (Baca juga: Ada Video Dugaan Penyiksaan Muslim Uighur, China Masih Berkelit)

Ferdian mengatakan, banyak pemilik rumah yang memisahkan dapur menjadi bersih kotor karena dapur kotor cenderung lebih berantakan. Sehingga, pemilik rumah cenderung meminta arsitek membuat dapur outdoor sebagai sebagai dapur kotor mereka.

Dapur kotor sendiri konsepnya adalah dapur untuk lebih banyak aktivitas cuci mencuci, persiapan bahan masakan, dan tentu memasak.

Akhirnya, dibuat dapur bersih untuk aktivitas dapur yang tidak memerlukan kegiatan memasak berat. Seperti menghangatkan makanan dengan microware, tempat untuk menyimpan dan mengambil makanan dan membuat minuman. "Biasanya, di dapur bersih inilah pemilik rumah meminta ada unsur estetika. Konsep layaknya pantry dan mini bar yang dipilih. Desain cantik agar serupa dengan ruangan lain di rumah mereka," sebut Ferdian

Lantas, bagi yang menyatukan dapur, bagi Ferdian, perlu diperhitungkan ruang dan kenyamanan ketika menggunakan dapur. Karena dapur kotor lebih banyak memerlukan sisi fungsinya, sedangkan dapur bersih memerlukan sisi estetikanya.

Tips dari Ferdian, diusahakan di dapur lebih banyak menggunakan elemen keramik, karena keramik mudah dibersihkan jika kena air dan minyak. Jangan lupa juga mengelompokkan ruang ruang sesuai aktivitas dan kegunaanya. Misalnya, rak piring, gelas, dekatkan dengan meja pencuci atau sink sehingga tetesan air tidak kemana-mana. (Lihat infografis: Luar Biasa! Kekuatan Militer Indonesia di Atas Militer Israel)

Jika diurut sejajar, maka posisinya adalah sink, meja persiapan, lalu kompor. Jadi, usahakan rak tersebut berdekatan dengan tiga fungsi tersebut, sehingga fungsi dapur kotor tidak merusak fungsi dapur bersih sebagai estetika dapur. Namun, meskipun mengedepankan sisi estetis, tetap saja keberadaan dapur mengedepankan sisi fungsionalnya

Selain itu, hal yang harus diperhatikan dalam mendesain dapur adalah jenis dan ukuran perkakas yang dipakai. Contohnya untuk lemari es dan kompor, ukuran meja dan lemari dapurnya dapat disesuaikan agar lebih nyaman.

Sementara untuk mempercantik daput outdoor, tidak ada salahnya Anda membuatkan taman di dekatnya. Air terjun mini ditambah pohon akan menambah nuansa alam.

Rumput di taman tersebut dapat dibuat asli maupun sintetis tergantung selera pemilik rumah. Yang jelas, memiliki taman di samping dapur outdoor ini membuat area kosong di rumah terasa lebih luas dan pastinya berfungsi.

Desainer interior Susanti menilai, jika ingin ada taman di samping dapur outdoor, dapur tersebut dapat dibuat konsep kafe. "Terlihat seperti kafe hanya di bagian luar, apalagi ada meja memanjang dan kursi panjang layaknya di kafe," jelasnya.

Di dalam dapurnya menerapkan konsep dapur minimalis dengan satu kompor dan kitchen set yang menyatu juga sink di bagian ujung. (Lihat videonya: Miris, Tak Punya HP Anak Pemulung Numpang Belajar di Rumah Tetangga)

Jika menginginkan taman sederhana dapat mencoba menyimpan tanaman kaktus panjang. Tanaman ini sudah mewakilkan beberapa tanaman yang mungkin biasanya ada di ruang terbuka suatu rumah. Air terjun pun tidak perlu kolam berbentuk lingkaran. Kolam mungil persegi panjang dengan dinding yang sudah dialiri air juga sudah memenuhi unsur air.

"Biasanya pemilik rumah yang tidak terlalu ingin memelihara tanaman, saya buatkan konsep seperti ini. Taman simpel yang jelas indah jika area outdoor di rumah ada hijau-nya," ungkapnya.

Rumput sintetis lebih banyak dipilih karena tidak kotor sebab ruang terbuka ini juga menjadi akses ke ruangan lain. Ditambah, karena dengan dengan dapur, taman ini pun dapat digunakan sebagai ruang makan. (Ananda Nararya)

Keuntungan Dapur Terbuka

1. Asap dari memasak di dapur tidak masuk rumah

2. Pencahayaan natural sehingga dapat menghemat listrik

3. Memungkinkan memiliki dua jenis dapur, dapur terbuka untuk dapur kotor.

4. Dapur di dalam rumah akan tetap bersih dan rapih. Menambah kesan rapi di seluruh rumah.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)