Ini Bahaya Makan Terlalu Cepat

Rabu, 16 Maret 2016 - 14:30 WIB
Ini Bahaya Makan Terlalu Cepat
Ini Bahaya Makan Terlalu Cepat
A A A
JAKARTA - Makan terlalu cepat dipercaya bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Salah satunya kematian. Bahkan baru-baru ini, seorang pria dikabarkan meninggal karena tersedak saat lomba makan cepat.

Namun, tidak hanya menyebabkan kematian, makan terlalu cepat juga bisa menyebabkan kegemukan. Dilansir dari Daily Mail, kegemukan ini juga bisa menyebabkan berbagai penyakit mematikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh ilmuwan dalam studi yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association. Bahwa wanita paruh baya yang memiliki kebiasaan makan cepat cenderung gemuk dibandingkan mereka yang makan perlahan.

Selain itu, penelitian di Jepang oleh Universitas Osaka menyatakan, makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan risiko kegemukan dan obesitas hingga dua kali lipat. Para peneliti memonitor kebiasaan makan 3.000 orang. Hasilnya, ditemukan 84% pria yang makan terlalu cepat lebih gemuk.

"Banyak orang membentuk kebiasaan makan cepat ini sejak kecil. Menakjubkannya kebiasaan tersebut bisa dilakukan melalui sampai dewasa," papar profesor psikologi metabolik di Nottingham University, Inggris, Ian McDonald.

Kegemukan dan obesitas menjadi salah satu penyebab kematian. Bahkan di Amerika, kegemukan dan obesitas menjadi satu dari lima penyebab kematian.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5271 seconds (0.1#10.140)