Cara Tepat Minum Obat Penambah Darah

Kamis, 17 Maret 2016 - 17:30 WIB
Cara Tepat Minum Obat Penambah Darah
Cara Tepat Minum Obat Penambah Darah
A A A
JAKARTA - Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Dr dr Yustina Anie Indriastuti, MSc, SpGK menjelaskan, untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen penambah darah yang mengandung zat besi dan asam folat.

Namun, agar suplemen bisa terserap dengan baik, Anie menyarankan untuk meminumnya bersama cairan mengandung vitamin C dan sumber makanan hewani. Menurut dia, air jeruk bisa membantu penyerapan zat besi lebih baik.

"Zat besi akan diserap lebih baik dengan bantuan vitamin C. Nah, saat minum obat penambah darah yang terbaik bisa dengan air jeruk karena ada vitamin C-nya. Tapi, kalau takut perut perih cukup air putih saja," papar Anie dalam acara Indonesia Bebas Anemia di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (16/3/2016).

Meski obat tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan minuman lainnya, namun, ada juga minuman yang tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan, seperti teh, kopi dan susu. Pasalnya, minuman tersebut bisa menghambat penyerapan zat besi.

"Minum obat tablet penambah darah atau makan makanan hewani tinggi zat besi dengan teh hitam atau kopi dapat menghambat penyerapan zat besi karena kandungan tannin. Zat lain seperti fosfor, serat, fitat, juga menghambat penyerapan zat besi. Jadi, kalau Anda harus minum obat anemia, air putih atau air bervitamin C yang terbaik," pungkasnya.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6014 seconds (0.1#10.140)