Apakah Penyakit Asma Bisa Disembuhkan? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Paru

Rabu, 10 Mei 2023 - 14:20 WIB
loading...
Apakah Penyakit Asma Bisa Disembuhkan? Begini Penjelasan Dokter Spesialis Paru
Tak jarang masyarakat atau diri Anda sendiri yang mengidap asma, pasti sempat terbesit pertanyaan apakah penyakit tersebut bisa disembuhkan? Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Tak jarang masyarakat atau diri Anda sendiri yang mengidap asma , pasti sempat terbesit pertanyaan apakah penyakit tersebut bisa disembuhkan?

Sebagaimana diketahui, asma merupakan gangguan pernafasan yang menyebabkan penderitanya sesak nafas. Nah, bagi mereka yang menderita dipastikan jengkel saat penyakitnya kambuh dan sangat ingin sembuh.

Padahal, menurut Dokter Spesialis Paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr H. Mohammad Yanuar Fajar Sp.P, bahwa asma merupakan penyakit yang tidak bisa sembuh. Namun demikian, penyakit tersebut bisa sembuh jika diakibatkan penderitanya seorang pekerja.

"Asma itu umumnya tidak bisa sembuh, tapi yang bisa sembuh yaitu asma karena kerja. Asma ketika dipindahkan ke ruangan lain bisa sembuh contoh karena kerja di ruangan tertentu di AC saat dipindah bisa sembuh," jelas dr Mohammad Yanuar dalam Talkshow Stop Ketergantungan: Inhaler Tepat Redakan Asma di AstraZeneca, Jakarta, Rabu (10/5/2023).



Sementara itu, sebagaimana dilansir Healthline, asma akibat kerja adalah jenis asma yang disebabkan oleh pemicu di tempat kerja. Ini termasuk debu, pewarna gas dan asap bahan kimia industri, protein hewani, lateks karet.

Iritasi ini terdapat di berbagai industri, termasuk pertanian, tekstil, pengerjaan kayu dan manufaktur. Sementara asma sendiri, dikatakan dr Mohammad Yanuar merupakan sakit inflamasi yang bersifat kronis dan ini terjadi dalam waktu lama.

Sehingga anak atau orang dewasa yang mengalami gejala asma seperti bengek atau mengi itu tidak selalu asma. Namun, untuk asma sudah pasti mengalami bengek katanya.

"Asma penyakit Inflamasi (Radang) pernafasan kronik yang ada suara mengi. Apakah sesak nafas atau mengi /bengek sama dengan asma? Bukan. Jadi bengek belum tentu asma tapi asma bisa sebabkan bengek, bengi," kata dr Yanuar.



Sekadar informasi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 25 juta orang Amerika menderita asma. Ini adalah kondisi kronis yang paling umum di antara anak-anak Amerika, 1 anak dari setiap 12 menderita asma.

Sementara untuk gejala khas atau umum adalah mengi. Ini adalah suara memekik atau siulan yang terjadi saat Anda bernapas. Gejala asma lainnya termasuk batuk, terutama pada malam hari, saat tertawa, atau saat berolahraga, sesak di dada, sesak napas, kesulitan berbicara kecemasan atau panik, kelelahan nyeri dada, dan pernapasan cepat, dan lain-lain.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2623 seconds (0.1#10.140)