Mengenal Virus ASF yang Jadi Penyebab Banyaknya Babi Mati di Luwu Timur, Menular ke Manusia?

Minggu, 14 Mei 2023 - 23:55 WIB
loading...
Mengenal Virus ASF yang Jadi Penyebab Banyaknya Babi Mati di Luwu Timur, Menular ke Manusia?
Belum lama ini penemuan bangkai babi yang berserakan di saluran irigasi Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat heboh warga setempat. Foto/ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Belum lama ini penemuan bangkai babi yang berserakan di saluran irigasi Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat hebohjagat maya.

Pihak berwenang lantas langsung melakukan evakuasi dan mengubur bangkai babi tersebut. Usut punya usut, babi tersebut ternyata mati akibat terpapar virus African Swine Fever (ASF).

Lantas, apa itu virus African Swine Fever (ASF) sehingga bisa membuat puluhan babi tersebut mati? Berikut ulasannya, dikutip dari laman Departement of Agriculture, Environment and Rural Affairs, Minggu, (14/5/2023).

African Swine Fever (ASF) adalah penyakit virus babi yang sangat menular. Dalam bentuk akut, penyakit ini umumnya mengakibatkan kematian yang tinggi.



ASF adalah penyakit yang berbeda dengan flu babi. Virus tidak mempengaruhi manusia dan tidak berdampak pada kesehatan manusia.

Pada Januari 2022 lalu, serangan ASF menyebar ke seluruh Eropa yang melanda babi hutan di Italia. Ini adalah kasus ASF pertama yang dilaporkan di daratan Italia.

Saat itu, wabah ini juga telah terdeteksi untuk pertama kalinya di Makedonia Utara di halaman belakang dekat perbatasan Bulgaria.

Empat kasus ASF kemudian terdeteksi pada babi domestik di Jerman sejak kasus domestik pertama dilaporkan pada Juli 2021 lalu.

Di tempat lain, wabah yang sering terjadi pada babi domestik masih dilaporkan di Moldova, Rumania, Rusia, dan Ukraina. ASF juga terus dilaporkan pada babi hutan di seluruh Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)