Terkuak, Ini E-Commerce No.1 Pilihan Penjual dan Pembeli

Rabu, 17 Mei 2023 - 07:30 WIB
loading...
Terkuak, Ini E-Commerce No.1 Pilihan Penjual dan Pembeli
Foto: dok Freepik
A A A
JAKARTA - Perkembangan teknologi digital yang kian hari semakin meningkat pesat nyatanya, memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perilaku dan kebiasaan masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Beragam kemudahan yang ditawarkan dari kemajuan teknologi tersebut kini membawa pengaruh dalam perilaku belanja online masyarakat.

Tidak dapat dipungkiri, kini belanja online sudah dianggap sebagai solusi utama dalam memenuhi kebutuhan secara praktis dan fleksibel.

Pada akhir kuartal satu menuju awal kuartal 2 di tahun 2023 ini, para pemain e-commerce baru saja melalui momen Ramadan. Periode ini merupakan salah satu momen penting, dimana antusiasme dan aktivitas berbelanja online masyarakat Indonesia sangat tinggi.

Berdasarkan hasil riset Snapcart yang bertajuk ‘Tren Perilaku Belanja Online Jelang Ramadan 2023’ sejumlah 98 persen responden tertarik untuk berbelanja online guna memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan. .

Pada survei yang sama dipaparkan, Shopee menduduki peringkat pertama sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan (65 persen). Memimpin jauh dari posisi kedua yaitu Tokopedia (21 persen), diikuti oleh TikTok Shop (7 persen) dan Lazada (5 persen).

Hal ini didukung dengan hasil survei bahwa 64 persen responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang menawarkan promo Ramadan terbesar, jauh melampaui Tokopedia (20 persen), TikTok Shop (7 persen) dan Lazada (6 persen).

Hal ini juga didukung dengan hasil survei yang menunjukan Shopee menduduki peringkat pertama pada salah satu indikator utama yang dapat menggambarkan persebaran preferensi konsumen dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online pada 3 bulan terakhir menjelang momen Ramadan.

Berdasarkan indikator Brand Use Most Often (BUMO) atau merek yang paling sering digunakan, 61 persen responden memilih Shopee, disusul dengan Tokopedia (22 persen), TikTok Shop (9 persen) dan Lazada (7 persen).

Melalui riset yang sama juga dipaparkan faktor pertimbangan responden dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja online selama bulan Ramadan. Adapun persebarannya, Gratis Ongkir (71 persen), Menyediakan Metode Pembayaran COD (37 persen), Program Ramadan yang Menarik (36 persen) dan Keseruan Livestream dengan Penjual (16 persen).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2695 seconds (0.1#10.140)