Perjalanan Karier Coldplay, Mengorbit sejak Album Perdana hingga Rencana Vakum Rekaman pada 2025

Jum'at, 19 Mei 2023 - 15:05 WIB
loading...
Perjalanan Karier Coldplay, Mengorbit sejak Album Perdana hingga Rencana Vakum Rekaman pada 2025
Coldplay merupakan band rock Inggris yang dibentuk di London pada 1997. Foto/Instagram Coldplay
A A A
JAKARTA - Coldplay merupakan band rock Inggris yang dibentuk di London pada 1997. Band ini digawangi empat personel yakni Chris Martin di posisi vokal dan pianis, gitaris Jonny Buckland, bassist Guy Berryman, dan drummer Will Champion.

Di awal pembentukan, Coldplay hanya beranggotakan Chris Martin dan Jonny Buckland. Namun, kemudian Guy Berryman dan Will Champion menyusul bergabung.

Album debut Coldplay, Parachutes, dirilis pada 2000 dan langsung meraih sukses. Album ini menampilkan single hit Yellow yang telah mengorbitkan nama band ini ke seluruh penjuru dunia.



Setelah sukses dengan Parachutes, Coldplay merilis album kedua berjudul A Rush of Blood to the Head pada 2002. Album ini juga meraih kesuksesan.

Kemudian, Coldplay merilis kembali A Rush of Blood to the Head dengan X&Y pada 2005. Album ini menampilkan lagu rock yang digerakkan oleh gitar serta melodi ringan seperti dalam lagu Fix You dan Speed of Sound. Album tersebut menghasilkan dua piala Grammy buat Coldplay.

Pada 2008, Chris Martin dan kawan-kawan merilis Viva la Vida or Death and All His Friends. Album ini menggabungkan unsur musik elektronik dan menampilkan struktur lagu yang lebih eksperimental.

Album kelima Coldplay, Mylo Xyloto, dirilis pada 2011. Album ini menampilkan kolaborasi Coldplay dengan Rihanna dan Brian Eno. Album ini juga sukses dengan menampilkan single hit seperti Paradise dan Every Teardrop is a Waterfall.



Pada 2014, Coldplay merilis Ghost Stories, sebuah album tenang yang menampilkan lirik yang lebih introspektif serta suara yang lebih sederhana daripada karya mereka sebelumnya. Album ini menghasilkan single hit seperti Magic dan A Sky Full of Stars.

Album studio ketujuh Coldplay, A Head Full of Dreams, dirilis pada 2015. Album ini menampilkan kolaborasi mereka dengan Beyonce, Noel Gallagher, dan Tove Lo, sekaligus melanjutkan eksperimen band ini dalam musik elektronik. Album ini sukses secara komersial karena menampilkan single hit seperti Adventure of a Lifetime dan Hymn for the Weekend.
Perjalanan Karier Coldplay, Mengorbit sejak Album Perdana hingga Rencana Vakum Rekaman pada 2025

Foto/Instagram Coldplay

Album terbaru Coldplay, Everyday Life, dirilis pada 2019. Album ini menandai kembalinya Coldplay ke suara yang lebih sederhana daripada karya mereka sebelumnya. Album ini menghasilkan single hit seperti Orphans dan Everyday Life.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)