Usung Nuansa Tempo Dulu, Ini Daya Tarik Kampung Heritage Kayutangan

Senin, 22 Mei 2023 - 23:55 WIB
loading...
Usung Nuansa Tempo Dulu, Ini Daya Tarik Kampung Heritage Kayutangan
Mister Aladin bagi-bagi tempat sampah di Desa Kayutangan Heritage, Jawa Timur. Foto/Herwanto Gerry/MPI
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki banyak sekali potensi desa wisata yang nemiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Kampung Heritage Kayutangan yang berlokasi tak jauh dari pusat kota Malang, Jawa Timur.

Kawasan yang masuk dalam Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen ini merupakan kampung tua di Kota Malang. Kampung ini merupakan peninggalan Belanda dan sudah ada sejak abad ke-13.

Di kampung itu masih banyak sisa-sisa masa kejayaan kolonial Belanda yang masih terjaga rapi dan menjadi potensi besar untuk jadi tempat wisata. Selain itu, terdapat bangunan-bangunan tua dan bersejarah seperti Makam Mbah Honggo, Kuburan Tandak, Langgar tua, Pasar Talun, Terowongan dan lain-lain.

Ketua Pokdarwis Kampung Heritage Kayutangan, Mila Kurniawati menjelaskan kampung ini berdiri sejak April 2018 atas inisiator yang melihat dan memotret kampung ini.



"Banyak potensi warisan di dalam kampung itu. Pengunjung bisa susur kampung dan berinteraksi dengan para masyarakat yang sudah siap menyambut tamu," ujar Mila kepada MNC Portal ditemui di Kampung Heritage Kajoetangan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut, wisatawan juga bisa berfoto di area kampung dengan latar bangunan lawas dan ada juga kebun yang estetik.

“Selain itu, sejarah di sini menikmati kuliner sajin khas tempo jajanan dulu. Ada juga permainan anak tempo dulu yang bisa dinikmati," tutupnya.

Nah bagi kalian yang ingin merasakan suasana desa tempo dulu Kampung Heritage Kayutangan, per orang dikenakan Rp5.000 untuk biaya kebersihan lingkungan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)