Once hingga Dewa Budjana Meriahkan Hari Kebangkitan Nasional Bertajuk Festival Kebangsaan di UNS Solo

Selasa, 23 Mei 2023 - 17:47 WIB
loading...
Once hingga Dewa Budjana Meriahkan Hari Kebangkitan Nasional Bertajuk Festival Kebangsaan di UNS Solo
Para artis yang tampil dalam konser Festival Kebangsaan Alffy Rev, grup musik Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Gilang Ramadhan, Raissa Anggiani, Once Mekel dan Band dan Dewa Budjana. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bekerjasama dengan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) menyelenggarakan event “Festival Kebangsaan” pada 21 Mei 2023. Acara tersebut guna memeriahkan perayaan Hari Kebangkitan Nasional di UNS Solo.

Ada tiga kegiatan utama dalam event ini, pertama Dialog Kebangsaan dengan tema “Musik Dalam Gerakan Kebangsaan”, yang akan menghadirkan narasumber Sujiwo Tejo (seniman dan budayawan), Alffi Rev (musisi), Raissa (penyanyi), Once Mekel (penyanyi), Prof Jamal Wiwoho (Rektor UNS).

Dialog Kebangsaan ini dilaksanakan di Auditorium kampus UNS pada jam 10.00 dan dipandu oleh Dr. Al Zastrouw (budayawan, akademisi dan Kepala Makara Art Center UI).

Para artis yang akan tampil dalam konser ini adalah Alffy Rev, grup musik Ki Ageng Ganjur, Dwiki Dharmawan, Gilang Ramadhan, Raissa Anggiani, Once Mekel dan Band dan Dewa Budjana.



Para Artis dan Musisi membawakan lagu dan komposisi musik yang bernuansa kebangsaan. Di sela-sela lagu diisi orasi kebangsaan oleh Dr. Al Zastrouw. Kegiatan Konser Kebangsaan dilaksanakan di Lapangan Rektorat kampus UNS pada jam 19.00 sampai sekitar 22.00 WIB.

Menurut Rektor UNS yang juga sebagai Dewan Pembina Majelis Rektor PTN Indonesia (MRPTNI), Prof. Jamal Wiwoho, event “Festival Kebangsaan” ini merupakan salah satu upaya menunaikan tugas kesejarahan kampus.

“Sejarah gerakan kebangsaan Indonesia dimotori oleh kalangan intelektual yang berbasis di kampus. Meski dimotori oleh kalangan kampus namun kesuksesan gerakan kebangsaan ini tidak lepas dari peran besar para musisi yang menciptakan lagu yang menggelorakan semangat kebangsaan.

Adapun beberapa musisi yang menggelorakan semangat kebangsaan tersebut diantaranya C. Simanjuntak, Amir Pasaribu, L. Manik, Binsar Sitompul, Alfred Simanjuntak, Nortier Simanungkalit, Kusbini, R.AJ. Sudjasmin, Ismail Marzuki, Haji Muthohar, J.A. Dungga dan lain-lain.

Selain itu ada WR Supratman yang menciptakan lagu Indonesia Raya yanag akhirnya menjadi lagu kebangsaan Indooesia. “Panggilan sejarah inilah yang melandasi mengapa UNS menggandeng PAPPRI dalam menyelenggarakan event Festival Kebangsaan ini. Ada akar historis yang menjadi landasan penyelenggaraan kali ini” kata Prof. Jamal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3158 seconds (0.1#10.140)