6 Amal Perbuatan yang Dapat Membuka Pintu Rezeki

Kamis, 25 Mei 2023 - 05:10 WIB
loading...
6 Amal Perbuatan yang Dapat Membuka Pintu Rezeki
Banyak cara dan ikhtiar yang dapat kita lakukan untuk membuka pintu rezeki, salah satunya dengan berdagang. Foto/ist
A A A
Selain zikir dan doa, ada beberapa amal perbuatan yang dapat membuka pintu rezeki. Secara umum, rejeki dibagi dua macam yaitu rejeki yang datang dan rejeki yang mesti didatangi.

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Allah berfirman: "...Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar (dari kesulitan) dan memberinya rezeki dari arah yang tidak diduga." (QS At-Thalaq ayat 2-3)

Banyak cara dan ikhtiar yang dapat kita lakukan untuk menjemput rezeki. Sebagaimana janji Allah akan memberikan rezeki kepada siapa yang berusaha mencarinya. Dikutip dari Pustaka Pejaten, berikut enam amal perbuatan yang dapat membuka pintu rezeki, yaitu:

1. Berdagang
Dalam Al-Mughni 'an Hamlil Asfar, Al-Hafizh Al-'Iraqi membawakan Hadis yang berbunyi: "Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki." Hadis diiriwayatkan oleh Ibrahim Al-Harbi dalam Gharib Al-Hadits dari Hadits Nu'aim bin Abdirrahman.

Dari Ummu Salamah radhiyallahu 'anha bahwa para para Sahabat Nabi menyukai dan mencintai usaha berdagang. Demikian juga Rasulullah SAW menyukai dan mencintainya. Tentu usaha dagang yang dicintai Rasulullah SAW adalah dilakukan dengan jujur dan penuh amanah.

2. Menjaga Silaturahim
Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya ia menyambung (tali) silaturahim." (HR Al-Bukhari)

3. Banyak Bersedekah
Allah berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya: "Katakanlah, "Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya." Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS Saba' ayat 39)

Rasulullah SAW bersabda dalam Hadis Qudsi: "Wahai anak Adam, bersedekahlah, niscaya Aku memberi rezeki kepadamu." (HR Abu Dawud)

4. Membantu Penuntut Ilmu
Dalam riwayat diceritakan, "Dahulu ada dua orang saudara pada masa Rasulullah SAW. Salah seorang mendatangi Nabi dan (saudaranya) yang lain bekerja. Lalu saudaranya yang bekerja itu mengadu pada Nabi, maka Baginda Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Mudah-mudahan engkau diberi rezeki dengan sebab dia." (HR at-Tirmizi, Hakim)

5. Membantu Orang Lemah
Rasulullah SAW bersabda: "Bantulah orang-orang lemah, karena kalian diberi rezeki dan ditolong lantaran orang-orang lemah di antara kalian." (HR Muslim dan An-Nasa'i)

6. Berhjrah di Jalan Allah
Dalam Al-Qur'an Allah berfirman: "Dan barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS An-Nisa ayat 100)

Itulah enam amal perbuatan yang dapat membuka pintu rezeki. Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوۡا فِى الۡاَرۡضِ وَابۡتَغُوۡا مِنۡ فَضۡلِ اللّٰهِ وَاذۡكُرُوا اللّٰهَ كَثِيۡرًا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Aryinya: "Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung." (QS Al-Jumu'ah ayat 10)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)