Profil Tina Turner, Penyanyi Legendaris yang Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun

Kamis, 25 Mei 2023 - 09:50 WIB
loading...
Profil Tina Turner, Penyanyi Legendaris yang Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun
Ratu Rock & Roll Tina Turner meninggal dunia di usia 83 tahun, Rabu (24/5/2023). Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Profil Tina Turner yang meninggal dunia di usia 83 tahun pada Rabu (24/5/2023) menarik untuk diulas. Pasalnya, kematian penyanyi legendaris berjuluk Ratu Rock & Roll era 1960-an membuat banyak orang penasaran tentang sosok dan perjalanan kariernya.

Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, berikut profil lengkap dari Tina Turner.

Profil Tina Turner

Tina Turner lahir pada 26 November 1939. Selain dikenal sebagai penyanyi, ia juga merupakan seorang penari, penulis lagu, produser rekaman, aktris dan penulis buku dari Amerika Serikat.

Turner lahir dengan nama Anna Mae Bullock di Brownsville, Tennessee. Ia merupakan putri bungsu daei Floyd Richard Bullock dan istrinya Zelma Priscilla (née Currie ).



Ayahnya diketahui bekerja sebagai pengawas petani bagi hasil di Peternakan Poindexter di Highway 180. Di masa kecil Turner kerap membantu sang ayah memetik kapas bersama keluarganya.

Perjalanan Karier Tina Turner

Turner memulai karirnya dengan Ike Turner's Kings of Rhythm pada tahun 1957. Dengan nama Little Ann, dia muncul di rekaman pertamanya, "Boxtop", pada tahun 1958.

Pada tahun 1960, dia memulai debutnya sebagai Tina Turner dengan single hit duet "A Fool in Lobe". Duo Ike & Tina Turner menjadi "salah satu pertunjukan live paling hebat dalam sejarah".

Mereka merilis hits seperti "It's Gonna Work Out Fine", "River Deep – Mountain High", "Proud Mary", dan "Nutbush City Limits", sebelum bubar pada 1976.

Ia juga sering disebut sebagai "Queen of Rock n Roll". Tina Turner telah menerima 10 anugerah Grammy Awards termasuk anumerta "Lifetime Achievement Awards".

Penghargaan

Tina Turner juga telah dilantik di "Grammy Hall Of Fame", " Rock & Roll Hall Of Fame", "Hollywood Hall Of Fame" dan telah menerima medali emas kebebasan dari pemerintah Amerika Serikat pada Kennedy Center Honors.

Turner juga berakting dalam film Tommy (1975) dan Mad Max Beyond Thunderdome (1985). Pada tahun 1993, What's Love Got to Do with It, sebuah film biografi yang diadaptasi dari otobiografinya I, Tina: My Life Story, dirilis.

Pada tahun 2009, Turner pensiun setelah menyelesaikan Tina!: 50th Anniversary Tour, yang merupakan tur berpenghasilan kotor tertinggi ke-15 di tahun 2000-an. Pada tahun 2018, ia menjadi subjek musik jukebox Tina.

Pada Oktober 2021, Turner menjual hak musiknya kepada BMG Rights Management seharga sekitar $50 juta, saat Warner Music masih menangani distribusi musiknya.

Setelah itu, ia menjadi salah satu solois wanita sukses di dunia dan telah menjual lebih dari 80 juta kopi di seluruh dunia. Turner lantas dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame sebagai artis solo, menerima penghargaannya melalui satelit dari rumahnya di dekat Zurich, Swiss.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)