7 Film Pemenang Oscar Kontroversial, Nomor 6 Tentang Kehidupan Freddy Mercury

Kamis, 25 Mei 2023 - 11:22 WIB
loading...
7 Film Pemenang Oscar Kontroversial, Nomor 6 Tentang Kehidupan Freddy Mercury
Penghargaan Oscar tahun 1986 untuk film Out of Africa (1985) kategori Best Picture menimbulkan kontroversi karena film itu dianggap biasa-biasa saja.Foto/IMDb
A A A
JAKARTA - Academy Awards atau yang lebih kalian kenal dengan Oscar bisa dibilang merupakan penghargaan paling bergengsi untuksineas dunia. Siapa pun yang mendapatkan Oscar biasanya dianggap sebagai film, aktor, atau sineas yang berkualitas.

Faktanya, keputusan dalam menentukan pemenang Oscar tidak selamanya bisa diterima oleh banyak orang. Ada sejumlah film yang kemenangannya malah menimbulkan kontroversi. Film apa saja itu?

1.The Matrix(“Best Visual Effect”)
7 Film Pemenang Oscar Kontroversial, Nomor 6 Tentang Kehidupan Freddy Mercury

Foto/bbc

Dirilis di era 1990-an, filmThe Matrix(1999)berhasil menggegerkan dunia perfilman dengan konsep yang cukup “gila” pada masanya. Premis filmnya saja bercerita tentang manusia di dunia yang sebenarnya adalah makhluk hasil ternak alien yang sejak bayi diberikan selang hipnotis.

Selain ceritanya yang tak biasa,The Matrixmenampilkanefek visual yang kerenpada masanya. Ini terbukti dari kemenangan film ini di kategori “Best Visual Effect” pada Oscar 2000. Namun, banyak orang yang menganggap bahwaStar Wars: The Phantom Menace(1999) lebih pantas buat menang ketimbang The Matrix.

2.Chicago(“Best Picture”)
7 Film Pemenang Oscar Kontroversial, Nomor 6 Tentang Kehidupan Freddy Mercury

Foto/youtube

Buat penggemarfilm musikal, kalian mungkin saja menikmati jalan cerita yang disajikanChicago(2002). Tak sekadar film musikal, film garapan Rob Marshall ini juga sarat akan kritik terhadap banyak hal.

Sajian kisah musikal yang dibumbui dengan kritik terhadap isu tertentu yang mungkin membuat pihak Academy Awards memberikan penghargaan “Best Picture” kepadaChicagodi Oscar 2003.

Namun, beberapa kritikus beranggapan bahwaChicagomerupakan film yang datar dan biasa aja. Film dengan konsep serupa yang dirilis terlebih dulu, yaituMoulin Rouge!(2001), bahkan dianggap lebih pantas untuk menang.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)