Chas Newby, Pemain Bass The Beatles Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun

Kamis, 25 Mei 2023 - 19:30 WIB
loading...
Chas Newby, Pemain Bass The Beatles Meninggal Dunia di Usia 81 Tahun
Musisi asal Inggris yang pernah bergabung bersama The Beatles, Charles Newby alias Chas Newby meninggal dunia di usia 81 tahun. / Foto: Ultimate Classic Rock
A A A
LIVERPOOL - Musisi asal Inggris yang pernah bergabung bersama The Beatles, Charles Newby alias Chas Newby meninggal dunia di usia 81 tahun.

Chas Newby, yang sempat menjadi bassis The Beatles pada 1960-1961, dikabarkan meninggal dunia pada 22 Mei 2023.

Seperti dilansir NME, Kamis (25/5/2023), kabar duka ini kali pertama diumumkan melalui The Cavern Club Liverpool --tempat dimulainya popularitas The Beatles-- pada Selasa lalu.



"Dengan sangat sedih kami mendengar tentang meninggalnya Chas Newby. Chas menggantikan posisi The Beatles untuk beberapa kali saat Stuart Sutcliffe tinggal di Hamburg, dan terakhir dia bermain untuk The Quarrymen. Menariknya, dia juga merupakan gitaris bass kidal pertama di The Beatles. RIP Chas Newby dan doa terbaik dari semua orang di The Cavern Club," tulis The Cavern Club Liverpool di laman Facebook resmi mereka.

Kemudian, kabar duka meninggalnya Chas Newby juga diungkapkan Roag Best, saudara laki-laki dari mantan drummer The Beatles, Pete Best.

"Baik Pete dan saya, serta seluruh keluarga Best benar-benar terpukul mendengar berita yang sangat menyedihkan sehubungan dengan salah satu teman terdekat keluarga, Chas Newby, yang meninggal dunia tadi malam," sebut Roag Best di akun media sosialnya, seperti dikutip NME.

"Banyak dari Anda yang mengenalnya sebagai pemain gitar bass untuk The Beatles dan The Quarrymen, namun bagi kami, dia adalah Chas yang santai dan murah senyum. Kami akan sangat merindukannya. Selamanya dalam pikiran kami. Tuhan memberkatimu, Chas," lanjut dia.

Meski kabar kematiannya telah dikonfirmasi oleh beberapa pihak, namun masih belum diketahui penyebab kematian bassis kidal kelahiran Blackpool, 18 Juni 1941 itu.

Sebagai informasi, Chas Newby menjadi pemain bass The Beatles untuk sejumlah pertunjukan live di akhir 1960. Kala itu, sang bassis asli Stuart Sutcliffe tidak bisa tampil bersama band lantaran berada di Hamburg.



Setelah Stuart Sutcliffe keluar dari The Beatles pada Juli 1961, posisinya pun digantikan Paul McCartney, yang sebenarnya adalah seorang gitaris. Paul McCartney pun dikenal sebagai bassis kidal seperti Chas Newby.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)