10 Oleh-Oleh Khas Haji, Tak Melulu Air Zam-Zam dan Kurma

Jum'at, 26 Mei 2023 - 06:30 WIB
loading...
10 Oleh-Oleh Khas Haji, Tak Melulu Air Zam-Zam dan Kurma
Oleh-oleh khas haji kerap dibawa oleh para jamaah pasca menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Oleh-oleh khas haji kerap dibawa oleh para jamaah pasca menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

Berbagai jenis oleh-oleh khas haji banyak dicari oleh jamaah akhir-akhir ini. Selain dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, oleh-oleh ini juga kerap dibagikan kepada kerabat hingga tetangga.

Tak hanya air zam-zam dan kurma, terdapat berbagai jenis oleh-oleh khas haji yang bisa dibeli oleh jamaah haji. Apa saja itu? Berikut di antaranya, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).


1. Kosmetik

Arab Saudi terkenal dengan berbagai jenis kosmetiknya yang unik dan menarik. Tak heran, banyak kaum hawa yang mengincarnya. Selain untuk memakainya secara pribadi, kosmetik tersebut juga menjadi buah tangan saat pulang dari ibadah haji. Kosmetik ini berupa parfum, lipstik, pewarna kuku, hingga celak untuk mata.

2. Cokelat Batu

10 Oleh-Oleh Khas Haji, Tak Melulu Air Zam-Zam dan Kurma

Foto/Shutterstock

Meski namanya cokelat batu bukan berarti cokelat ini bertekstur keras seperti batu. Makanan jenis kacang ini justru bertekstur lembut dan memiliki rasa manis, hanya saja memang bentuknya menyerupai batu.

Cokelat batu bisa menjadi salah satu buah tangan saat kembali dari menjalankan ibadah haji di Mekkah.

3. Madu Kashmir

Madu kashmir adalah salah satu madu populer di Arab Saudi yang asalnya dari pegunungan Himalaya. Penduduk asli sering menjadikan madu kashmir sebagai pelengkap bahan makanan atau minuman. Jika bosan dengan oleh-oleh khas haji yang itu-itu saja, madu kashmir bisa menjadi opsi.

4. Kacang Pistachio

10 Oleh-Oleh Khas Haji, Tak Melulu Air Zam-Zam dan Kurma

Foto/Freepik

Kacang pistcahio merupakan salah satu jenis kacang yang populer di Arab. Warna kulit kacang ini krem dan dagingnya berwarna hijau.

Kacang satu ini juga terkenal dengan cita rasanya yang begitu gurih sehingga cocok disajikan dengan makanan yang manis. Kacang pistachio sangat baik dikonsumsi karena mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, melindungi syaraf, dan lain sebagainya.


5. Sajadah

Sajadah adalah salah satu alat yang kerap umat Islam pakai sebagai alas untuk salat. Keistimewaan sajadah Arab Saudi dan sajadah kebanyakan terletak pada kualitas, corak, serta ketebalannya. Tak jarang sajadah menjadi incaran oleh-oleh haji asal Indonesia.

6. Kacang Arab

10 Oleh-Oleh Khas Haji, Tak Melulu Air Zam-Zam dan Kurma

Foto/Shutterstock

Satu lagi jenis kacang yang wajib jadi oleh-oleh saat pulang dari haji atau umroh yakni kacang arab. Jenis kacang Arab yang sering menjadi oleh-oleh haji adalah kacang chickpea yang memiliki tekstur lembut saat dimakan sehingga tak jarang orang menjadikannya camilan saat bersantai.

7. Mukena

Selain sajadah, mukena jadi salah satu oleh-oleh khas haji yang kerap jadi incaran. Berbeda dari mukena kebanyakan yang ada di Indonesia, mukena produksi Arab Saudi biasanya lebih lembut dan halus saat menyentuh kulit.

8. Kismis

10 Oleh-Oleh Khas Haji, Tak Melulu Air Zam-Zam dan Kurma

Foto/Shutterstock

Kismis tanah Arab Saudi memiliki ciri lebih kuning dan bentuk lebih kecil dan kisut dari kismis biasa. Penduduk asli biasa menggunakan kismis sebagai campuran makanan. Meski begitu kismis tetap enak dimakan secara langsung. Jika sempat, belilah kismis sebagai buah tangan dari tanah Arab.

9. Kacang Almond

Kacang almond tumbuh subur di Timur Tengah. Rasa yang enak membuatnya banyak diincar jamaah haji untuk dibawa sebagai buah tangan saat kembali ke Indonesia. Ada dua jenis kacang almond yaitu kacang almond belum dikupas dan sudah dikupas.

10. Abaya

Abaya dikenal sebagai pakaian khas wanita Arab yang belakangan menjadi trend fashion wanita muslim masa kini. Apalagi dengan desain manik-manik dan corak yang unik, menambah nilai kecantikan dari abaya. Berkat kepopulerannya, abaya bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas tanah Arab.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)