Pemerhati Ungkap Peran Wanita Dibalik Indahnya Batik: Memiliki Sifat Halus dan Teliti

Jum'at, 26 Mei 2023 - 20:37 WIB
loading...
Pemerhati Ungkap Peran Wanita Dibalik Indahnya Batik: Memiliki Sifat Halus dan Teliti
Pemerhati Batik Danie Prakosa dalam Webinar Peran Perempuan Eksplorasi Dalam Tata Ruang dan Sehelai Batik, Jumat (26/5/2023). Foto/Tangkapan layar zoom meeting
A A A
JAKARTA - Pecinta dan Pemerhati Batik dari Wastra Batik Nusantara, Danie Prakosa menjelaskan dalam proses pembuatan batik yang cukup panjang memiliki makna beragam mulai dari mencuci kain mori, pecantingan dan mewarnai hingga siap pakai ada kelembutan tangan wanita yang berkontribusi.

Sebagaimana diketahui batik sendiri terdiri dua jenis yaitu tulis dan cetak. Menurutnya, dari kelembutan tangan wanita dan ketelitiannya, mampu memberikan hasil batik tulis yang bagus.

"Untuk tulisnya itu biasa dilakukan oleh perempuan karena seperti dikatakan tadi memiliki sifat lembut, halus dan telitinya. Sehingga sangat cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian seperti membatik tulis," jelas Danie dalam Webinar Peran Perempuan Eksplorasi Dalam Tata Ruang dan Sehelai Batik, Jumat (26/5/2023)

Lebih lanjut, Danie menjelaskan proses pembuatan batik jarang hanya melibatkan satu orang saja. Sehingga ini merupakan kolaboratif, sebab proses yang panjang dinilai tidak mudah.



"Kalau bicara proses pembatikan, itu memang jarang sekali dilakukan oleh satu orang. Jadi kalau ada biasanya ada kerjakan batik merasa sulit sekali memang tidak mudah, karena kalau kita lihat proses pembuatannya, batik itu di mulai dari kain mori biasa," sambungnya.

"Biasanya harus dicuci hingga bersih dan kain itu siap digunakan dengan digambar. Kemudian itu akan dicanting, selanjutnya adalah mendesain di atas kain mori. Baru itu proses pencantingan dan pewarnaan dan terkahir itu pelorotan," jelas Danie.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)