5 Cara untuk Dorong Kesetaraan Gender dalam Perusahaan

Jum'at, 26 Mei 2023 - 18:18 WIB
loading...
5 Cara untuk Dorong Kesetaraan Gender dalam Perusahaan
Laporan tahunan Women in Business 2023 dari Grant Thornton memperlihatkan Indonesia berada di peringkat delapan sebagai negara dengan posisi manajemen senior perempuan paling banyak secara global. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Laporan tahunan Women in Business 2023 dari Grant Thornton mengambil tema The Push for Parity. Dalam laporan tersebut, pada tahun ini Indonesia tercatat berada di peringkat delapan sebagai negara dengan posisi manajemen senior perempuan paling banyak secara global.

Angka ini cukup membanggakan karena mampu melampaui angka rata-rata global di mana jumlah perempuan yang menempati posisi manajemen senior hanya di angka 30%.

Bisnis skala menengah diyakini oleh Grant Thornton merupakan pelopor dalam percepatan kesetaraan di dalam lingkungan kerja. Hal ini dikarenakan banyak bisnis di skala menengah yang sudah menerapkan sistem kerja hybrid dan juga birokasi yang tidak terlalu ketat. Terbukti dengan adanya lebih banyak perempuan di posisi manajemen senior.

Hasil survei menunjukkan, untuk bisnis yang mengadopsi cara kerja hybrid, 34% pemimpin senior mereka adalah perempuan. Sedangkan di bisnis yang sepenuhnya fleksibel yang membolehkan staf memilih cara dan tempat mereka bekerja, mampu mencetak 36% perempuan dalam kepemimpinan senior.

Tidak hanya itu, bisnis di skala menengah juga banyak menawarkan program kepemimpinan sebagai salah satu upaya perusahaan untuk melahirkan pemimpin yang transparan dan mendukung penuh kesetaraan sebagai salah satu budaya perusahaan.

“Survei ini menunjukkan semakin banyak bisnis kelas menengah yang mulai menyadari pentingnya keberagaman gender di dalam perusahaan mereka. Hal ini dikarenakan keberagaman gender di dalam kepemimpinan senior dalam suatu perusahaan ternyata membawa berbagai keuntungan finansial, seperti peningkatan kualitas kinerja organisasi, kesejahteraan pegawai, efektivitas dalam pembuatan keputusan, serta reputasi perusahaan yang lebih baik," papar Johanna Gani, CEO Grant Thornton Indonesia, melalui siaran pers, Jumat (26/5/2023).

Untuk mendorong keseimbangan, Grant Thornton memberikan lima rekomendasi untuk perusahaan dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesetaraan gender dan menciptakan budaya inklusif. Berikut ulasannya.

â—Ź Menawarkan fleksibilitas.

Perusahaan harus bisa menawarkan sistem kerja yang fleksibel untuk menciptakan kesetaraan gender yang lebih besar pada tingkat manajemen level.

â—Ź Adanya niat yang lebih besar untuk mendorong kesetaraan gender.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3765 seconds (0.1#10.140)