10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Minggu, 28 Mei 2023 - 10:48 WIB
loading...
10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel
Sejak dibuat pada 2008, interkonektivitas MCU sering menciptakan plot hole besar. Beberapa di antaranya masih belum dijelaskan Marvel Studios sampai sekarang. (Foto: CBR)
A A A
Sejumlah plot hole besar di Marvel Cinematic Universe (MCU) masih belum dijelaskan Marvel Studios. Plot hole ini tercipta akibat interkonektivitas cerita di franchise superhero raksasa itu. Terkadang, cerita satu dan berikutnya bisa bertentangan sehingga plot hole itu pun terbuka.

Meski begitu, beberapa plot hole itu akhirnya diperbaiki. Bifrost diperbaiki di Thor: The Dark World, Hydra mendapatkan akses ke tongkat Loki di Captain America: The Winter Soldier, dan penampakan aneh Red Skull di akhir Captain America: The First Avenger hanyalah sejumlah contoh plot hole yang sudah terjawab di MCU. Namun, masih banyak plot hole lain yang belum dijelaskan.

Masalah plot hole ini kemudian hanya diperbesar lagi berkat penambahan konten di Multiverse Saga. Bahkan, konten terbaru mereka pun masih menciptakan plot hole, sementara belum menjelaskan plot hole yang sudah mereka ciptakan sebelumnya. Meski begitu, MCU punya kebiasaan menutup plot hole itu di proyek mereka selanjutnya. Apa saja plot hole besar di MCU yang belum dijelaskan Marvel sampai sekarang? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Kekuatan Ant-Man di MCU Tidak Masuk Akal

10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Foto: CBR

Dari semua penampilan Scott Lang di MCU, tidak satu pun film yang benar-benar menjelaskan detail kompleks kekuatan pengubah ukurannya. Dengan menggunakan Partikel Pym dan kostum Ant-Man, Scott bisa mengerut atau tumbuh ke ukuran ekstrem. Awalnya, ini dijelaskan dengan partikel itu memanipulasi ruang antara atom. Tapi, ini mengabaikan penjelasan atas bagaimana Scott bisa mengerut lebih kecil ketimbang atom untuk bepergian ke Dunia Kuantum.

Ant-Man juga mengindikasikan kalau Scott mempertahankan massanya entah apa pun ukurannya. Jadi, bisa diasumsikan kalau obyek lain yang dia kecilkan juga seperti itu. Tapi, Hank Pym terungkap membawa tank kecil di gantungan kunci, yang seharusnya mustahil karena tanknya tetap mempertahankan bobotnya. Detail Scott beserta timnya yang bisa melepas helm mereka di Dunia Kuantum dan masih tetap mengerut juga menjadi poin diskusi menyusul Ant-Man and the Wasp: Quantumania.

9. Electro Tidak Tahu Siapa Peter Parker di The Amazing Spider-Man 2

10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Foto: Disney Wiki – Fandom

Spider-Man: No Way Home mempertemukan tiga versi Spider-Man dari Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland serta penjahat dari semesta masing-masing. Salah satu penjahat itu adalah Electro dari The Amazing Spider-Man 2. Semuanya masuk kontinuitas utama MCU berkat mantra Doctor Strange. Mantra itu sepertinya menarik semua orang yang tahu identitas asli Peter Parker, kecuali Electro.

Sayangnya, itu bukan satu-satunya plot hole dari film itu. Eddie Brock alias Venom juga tertarik ke MCU tanpa tahu siapa Peter. Adegan pascakredit Morbius memperlihatkan Adrian Toomes-nya MCU berakhir di Sony Spider-Man Universe (SSU). Tidak ada fakta apa pun di Spider-Man: No Way Home yang mengindikasikan kalau karakter dari MCU bisa pindah ke semesta lain.

8. Odin Punya Sarung Tangan Keabadian Palsu

10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Foto: MCU Wiki – Fandom

Di Thor 2011, penonton melihat Sarung Tangan di lemari besi Odin di Asgard. Tapi, ketika MCU mulai membangun Avengers: Infinity War, pertanyaan muncul tentang bagaimana dan mengapa Odin bisa mendapatkan Sarung Tangan itu. Ini kemudian dijelaskan di Thor: Ragnarok ketika Hela menyebut kalau Sarung Tangan di lemari besi Odin itu palsu.

Pengungkapan ini diikuti spekulasi atas alasan Odin memerintahkan pembuatan Sarung Tangan Keabadian palsu itu. Ada juga pertanyaan bagaimana Odin tahu penampakan Sarung Tangan aslinya. Thanos menyuruh Eitri menempa Sarung Tangan itu sebelum Avengers: Age of Ultron. Tapi, tidak mungkin Odin pernah melihatnya. Selain itu, apa maksud Odin menciptakan Sarung Tangan itu sebenarnya. Jelas, dia tidak pernah menggunakannya untuk menghentikan niat Thanos.

7. Referensi Earth-616 Mysterio Harus Dijelaskan

10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Foto: Vulture

Spider-Man: Far from Home memperkenalkan Quentin Beck alias Mysterio. Awalnya, Quentin mengaku sebagai penjelajah multiverse dari Earth-833 dan menyebut realitas MCU adalah Earth-616. Ketika ternyata terungkap kalau Quentin adalah penipu, ucapannya itu menjadi Easter egg bagi penggemar Marvel Comics, karena kontinuitas itu dibangun di Earth-616. Tapi, Fase 4 menimbulkan kebingungan atas pegungkapan itu. Doctor Strange in the Multiverse of Madness sepertinya mengonfirmasi kalau MCU adalah Earth-616.

6. Tidak Ada yang Membahas Tentang Celestials

10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Foto: MovieWeb

Meski Celestials sudah ada di MCU sejak Guardians of the Galaxy 2014, Fase 4 mengambil langkah besar dengan memperkenalkan mereka secara utuh, terutama di Eternals. Tapi, Eternals menciptakan banyak plot hole terkait Celestials. Penampakan Celestial Arishem di langit di atas bumi dan kemunculan Celestial Tiamut dari dalam bumi sudah tidak lagi disinggung sejak Eternals. Padahal, keduanya seharusnya punya dampak besar pada orang-orang di planet ini.

Guardians of the Galaxy Vol. 2 juga menciptakan plot hole Celestials sebelum Eternals. Ego terungkap sebagai ayah Celestial Peter Quill. Dia berniat mengubah semesta menjadi perpajangan dirinya dengan lumpur aneh yang hidup. Salah satu planet inangnya adalah bumi. Tapi, meskipun sebagian lumpurnya menghancurkan sebagian sebuah kota Missouri, itu tidak pernah disinggung lagi.

5. Steve Rogers seharusnya Tidak Bisa Mengembalikan Batu Keabadian di Tempat Aslinya

10 Plot Hole Terbesar di MCU yang Belum Diperbaiki Marvel

Foto: The News Fletcher

Di Avengers: Endgame, Avengers yang tersisa melakukan perampkan waktu untuk mengumpulkan Batu Keabadian. Rencana mereka adalah mengembalikan batu itu lagi ke lini masa aslinya setelah selesai membatalkan jentikan jari Thanos. Sementara ini masuk akal, akhir Endgame menciptakan plot hole di MCU, Batu Keabadian tidak bisa begitu saja dikembalikan ke kondisi di mana batu itu diambil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3402 seconds (0.1#10.140)