Kampoeng Joglo, Wisata Budaya Nuansa Jawa Dekat Jakarta

Senin, 29 Mei 2023 - 05:00 WIB
loading...
Kampoeng Joglo, Wisata Budaya Nuansa Jawa Dekat Jakarta
Kampoeng Joglo bisa menjadi pilihan seru untuk liburan bareng keluarga. Destinasi wisata ini menghadirkan wisata budaya dengan nuansa Jawa yang kental. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kampoeng Joglo bisa menjadi pilihan seru untuk liburan bareng keluarga. Sebab, selain lokasinya yang dekat dengan Jakarta, destinasi wisata ini menghadirkan wisata budaya dengan nuansa Jawa yang kental.

Berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten, Kampoeng Joglo resmi dibuka untuk umum pada Kamis, 18 Mei 2023. Tempat ini dibangun oleh pasangan suami istri Migi Rihasalay dan Andrew James sejak 2016.

"Akhirnya setelah perjuangan panjang selama enam tahun ini, kita bisa menyelesaikan pembangunan Kampoeng Joglo Tanjung Lesung ini," kata Migi di KEK Tanjung Lesung, Banten baru-baru ini.

"Di mana, dalam kompleks ini ada enam rumah joglo yang memang kita datangkan langsung dari Jawa yang diharapkan akan bisa jadi rumah kreasi bagi seniman di Indonesia kedepannya," tambahnya.



Andrew yang merupakan warga negara Australia memiliki kecintaan yang besar pada budaya Indonesia, khususnya budaya Jawa. Kecintaannya ini coba diwujudkan melalui Kampoeng Joglo, salah satu proyek kota mandiri dari PT Jababeka Tbk.

"Ini adalah warisan budaya Indonesia khususnya Jawa yang memang harus kita lestarikan. Sehingga kedepan kita bisa memotivasi anak bangsa Indonesia agar bisa menjaga warisan budayanya," jelas Andrew.

"Tahu asal usul budayanya dan memotivasi mereka untuk terus berkarya dan Kampoeng Joglo yang ada di tanah Sunda ini bisa dijadikan tempat berkumpul para seniman untuk mau berkreasi secara aktif kedepannya," lanjutnya.

Menurut Migi, pembangunan Kampoeng Joglo ini impian Andrew sejak menginjakkan kaki pada 1981 di Bali. Pada 1990 saat tinggal di Pulau Jawa, Andrew semakin cinta dengan adat Jawa, termasuk bangunan joglo yang artistik dan serba kayu.



"Masing-masing joglo punya ciri khas sendiri dan sebagian usianya sudah mencapai ratusan tahun," ujar Migi.

Selain itu, Kampoeng Joglo dilengkapi kamar dan balai serba guna sebagai ajang kreatif para seniman. Andrew dan Migi berharap kehadiran destinasi wisata ini bisa bermanfaat bagi masyarakat setempat dan menjadi daya tarik pariwisata di Banten, khususnya KEK Tanjung Lesung.

"Sebagai kampung inspirasi dan bisa juga untuk berbagai acara, seperti pertunjukan seni, vanue wedding dan lain-lain," papar Migi.

Dalam kompleks Kampoeng Joglo sendiri ada enam pendopo rumah joglo yang bangunannya dibawa langsung dari beberapa daerah di Jawa Tengah. Di mana usia rata-rata bangunan tersebut antara 100 tahun hingga 300 tahun.



Adapun enam rumah joglo yang masing-masing diberi nama tokoh wayang yaitu Gatotkaca, Bima, Srikandi, Dewi Khunti, Arjuna, dan Nakula. Menteri Pariwisata 2014 2019 Arief Yahya mengapresiasi pembuatan Kampoeng Joglo yang menurutnya karya luar biasa dan unik.

"Saya cukup mengapresiasi pembuatan Kampoeng Joglo di Tanjung Lesung ini. Karena berani menghadirkan budaya Jawa di tanah Sunda. Ini penting bagi kita karena kita memang terus membangun wajah pariwisata lewat 10 Bali Baru yang salah satunya di Tanjung Lesung ini," ucap Arief.

"Harapannya, Kampoeng Joglo ini akan bisa jadi rumah industri pariwisata dan rumah bagi seniman Indonesia untuk masa depan kemajuan pariwisata khususnya di Tanjung Lesung," sambungnya.

Adapun dalam pembukaan Kampoeng Joglo dihadiri sejumlah tamu. Antara lain, Founder dan Chairman PT Jababeka Tbk Setyono Djuandi Darmono, Direktur PT Jababeka Tbk Hyanto Wihadhi, Manajeman Jababeka Hospitality Setiawan Mardjuki, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Alharmidi.

Selain itu, ada juga Kepala Dinas Pariwisata Kab Pandeglang sekaligus mewakili Bupati Pandeglang Neneng Nuraeni, Menteri Pariwisata 2014-2019 Arief Yahya, Tinton Suprapto selaku legenda motorsport Indonesia, dan Sigit Samsu ketua Indonesia Flying Club.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2693 seconds (0.1#10.140)