Catat! Ini Tips Berbisnis Burung Kicau untuk Pemula

Rabu, 31 Mei 2023 - 23:10 WIB
loading...
Catat! Ini Tips Berbisnis Burung Kicau untuk Pemula
Andi dan Ranggi dari komunitas Kicau Mania dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (31/5/2023). Foto/Tangkapan Layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Beberapa orang diketahui memiliki hobi memelihara burung kicau. Biasanya mereka juga berternak burung hingga mengikuti berbagai kontes.

Memelihara burung kicau tak sekadar hobi, tapi juga bisa dijadikan ladang bisnis. Hal itu disampaikan oleh member komunitas Kicau Mania, Andi.

"Banyak perputaran uang di sana, karena mereka menjual pangan, aksesori, hingga kandang burung," ujar Andi dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Tren Kicau Burung Kian Populer, Sekadar Hobi atau Bisnis di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (31/5/2023).

Andi lantas memberikan tips bagi pemula yang ingin meraup bisnis dari hobi burung kicau. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, Anda harus paham terlebih dulu tentang burung.

"Misalnya ikut ke lapangan, mengetahui cara merawatnya. Karena kalau sekadar ngoleksi aja, beda sama burung yang sering ikut lomba. Burung yang sudah mengikuti lomba makannya beda, perawatan juga beda," tutur Andi.

Sementara member komunitas Kicau Mania lainnya, Ranggi, menambahkan kalau main burung harus suka terlebih dulu dengan burung dan harus benar-benar paham.

"Harus hati-hati dalam pengelolaan uang karena tiket sangat mahal. Jadi kalau sampai salah, cuma coba-coba atau iseng-iseng, itu merugikan. Tapi kalau dia paham jadi menyenangkan," tutup Ranggi.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)